Loading...

Mahalnya Pemimpin Berintegritas

Pemimpin adalah orang orang yang bisa mengispirasi hal hal positif .pemimpin yang di harapkan oleh seluruh rakyat paling tidak harus memiliki sifat2 kepemimpinan yang harus mereka kuasai

Memiliki Passion
Passion memiliki arti yang beragam diantaranya adalah semangat dan gairah, Keinginan besar, Kegemasan dan keberanian. Menjadi seorang pemimpin yang memiliki passion di butuhkan kesadaran dalam diri. Passion merupakan bentuk antusiasme yang di tunjukkan oleh seorang pemimpin kepada bawahannya yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri.

Seorang pemimpin harus bisa menularkan energi positif kepada bawahannya. Gairah dan semangat seorang pemimpin akan terlihat dari bahasa tubuh saat dia beraktivitas. Anda mungkin mempunyai seorang pimpinan yang energik,kadang menunjukkan kegemasan atau greget-nya saat menyaksikan sesuatu yang di harapkan atau diinginkannya. Hal tersebut diekspresikan dalam upaya agar dia dapat menginstropeksi diri dan mengevaluasi dirinya saat mengalami kegagalan.

Seorang pemimpin yang memiliki passion haruslah berani dalam mengambil keputusan. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab dari tugas kepemimpinannya. Jika anda bertemu dengan sosok pemimpin yang melepaskan tanggung jawab kepada bawahannya berarti anda mempunyai pemimpin yang tidak bernyali. Pemimpin seperti ini tidak akan mendapat tempat dan kepercayaan kembali dari para bawahannya. Berapa banyak pemimpin di sekitar kita yang melemparkan tanggung jawab bahkan kesalahannya kepada orang lain. Keberanian adalah simbol dari seorang pemimpin dalam menghadapi berbagai hambatan dan rintangan dalam kepemimpinannya.

Jujur
Memasuki Era moderanisasi saat ini jarang sekali kita temui sosok pemimpin yang jujur dan amanah. Seorang pemimpin yang hanya mencari keuntungan bagi dirinya sendiri akan berfokus pada bagaimana cara memanipulasi apapun yang menjadi tanggung jawabnya dan  apa yang dilakukannya sudah tidak obyektif lagi. Kejujuran adalah simbol moralitas tertinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ada sosok pemimpin yang memiliki kejujuran dalam menjalankan kebenaran tetapi banyak sekali orang disekitar nya yang mencoba menggeser kedudukannya sebagai seorang pemimpin karena dianggap menghalangi niatnya untuk berbuat tidak baik. Sebagai contoh pada saat Pemilihan Calon Anggota Legislatif belum lama ini, banyak sekali para calon Legislatif tersebut melakukan politik membagikan uang dan janji-janji kosong. Tindakan tersebut bukanlah hal yang baik yang patut dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang memiliki sifat jujur adalah mereka yang tindakan dan ucapanya selalu berorientasi pada kebenaran. Seorang pemimpin akan melakukan apa yang benar dan akan mengatakan apabila memang salah. Kejujuran seorang pemimpin dapat kita lihat dari sikap dan perilakunya. Karena perkataan seorang pemimpin adalah cerminan dari dalam hatinya.

komunikatif
Kevin Hogan (2005) yang telah melakukan penelitian kepada banyak orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi sehingga berhasil dalam kehidupannya, mengatakan bahwa komunikasi memiliki cakupan makna yang lebih luas daripada sekedar apa yang anda ucapkan. Komunikasi adalah bagaimana anda “mengatakannya”. Komunikasi adalah tentang mendengarkan, berbicara, dan bertindak untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran anda kepada orang lain.

Begitu pula bagi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada bawahannya agar apa yang menjadi tujuan yang ingin di capai dari kepemimpinannya dapat di sampaikan kepada para bawahan.

Pendengar yang baik
Dalam sebuah organisasi seorang leader harus bisa menjadi pendengar yang baik, mengapa? S.R Levine & M.A. Crom menulis bahwa keterampilan “Mendengar” adalah satu-satunya keterampilan yang paling penting dari semua keterampilan berkomunikasi yang ada. Lebih penting dari keterampilan untuk berorientasi dengan berapi-api. Lebih penting dari suara yang penuh kuasa. Lebih penting dari kemampuan untuk berbicara dalam beberapa bahasa. Malah lebih penting dari kemampuan menulis dengan kata-kata menawan (THE LEADER IN YOU: HOW TO WIN FRIENDS, INFLUENCE PEOPLE, AND SUCCEED IN CHANGING WORLD, New York,N.Y.: Simon & Schuster,1993,hal.985).

Bayangkan jika anda mempunyai seorang leader yang tidak mau mendengar bawahannya, tentunya sedikit sekali informasi yang akan di dapat oleh leader tersebut. Tidak banyak seorang leader yang mau menjadi pendengar yang baik, riset membuktikan hanya 25% saja pesan yang di simpan saat seseorang menerima pesan.Tuhan menciptakan anggota tubuh ini bukan tanpa tujuan. Tuhan memberikan 2 telinga dan 1 lidah agar kita lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang mudah bagi seorang leader, tetapi mulai dari hal kecil seperti ini akan membawa dampak yang besar bagi perusahaan. Jadilah seorang leader yang banyak mendengar dari pihak lain terutama dari bawahan anda sendiri. Biasakan mendengar dengan seksama ide-ide yang muncul. Jika anda merasa tidak cocok dengan ide tersebut paling tidak anda mendapat sudut pandang baru dan jika ide terebut sesuai dengan pandangan anda maka sebagai seorang leader tidak perlu merasa gengsi. Menjadi pendengar yang baik terhadap bawahan anda akan menambah kewibawaan anda sebagai seorang leader.

Integritas
Intergritas yang dalam bahasa latin berasal dari kata “Integrated” artinya “Komplit” utuh dan sempurna yang berarti tidak ada cacat. Bagi seorang leader yang mempunyai integritas tinggi tentu kata-kata yang diucapkannya akan memberikan kuasa, mempunyai kekuatan akan rencana-rencana nya dan akan memberikan daya (force) atas setiap tindakannya.

Leader yang mempunyai integritas selalu bertindak sesuai dengan ucapannya, selalu konsisten dengan apa yang sudah di yakini dan yang dilakukannya, antara sikap dan tindakan juga antara nilai hidup yang di anut dengan nilai hidup yang dijalankan. Bertindak tanpa kompromi atas kebenaran yang ada.

No comments

Powered by Blogger.