Dumai Berbenah - Bang Del Sang Perantau

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Dumai Berbenah - Bang Del Sang Perantau

Kamis, 18 Juli 2019, 4:29 PM
PantauNews -
Dumai ,Minimnya pengetahuan dan kesadaran  warga Dumai akan pengolahan dan pemanfaatan Sampah
,menjadi perhatian Salah seorang Putra terbaik Dumai yang akrab di sapa Bang Del Sang Perantau.

Menurut bang del yg bernama lengkap Delyuzar ,Mengungkapkan bahwa sampah bila dikelola secara baik, maka bisa menimbulkan manfaat, seperti slogan suatu institusi dengan tagline "menyelesaikan masalah tanpa masalah."

Belakangan ini sampah bukan lagi menjadi masalah, bahkan memiliki nilai ekonomis  menjadi pupuk, sumber energi, dan produk lain selagi ditata secara baik,Ungkap Calon Walikota Dumai ini.

Praktik masyarakat negara maju terhadap kebersihan adalah setengah iman teraplikasi dalam bentuk membuang sampah pada tempatnya, memilah, mengolah, hingga memanfaatkannya kembali,ucapnya saat di konfirmasi wartawan PantauNews via phone kamis 18 juli 2019 di Dumai.

Warga Dumai bisa berubah dalam menyikapi persoalan sampah. Pertama ubah paradigma agar penanganan sampah menjadi fardu 'ain, buang pada tempatnya hingga pemilahan organik dan organik dimulai dari rumah masing-masing, sekolah, rumah ibadah, kawasan kuliner, taman, rumah sakit, temoat wisata, hingga pabrik yang difasilitasi sarana nan memadai, termasuk tempat sampah di angkutan umum dan mobil pribadi,Tuturnya.


Selain itu lakukan pendekatan budaya dengan cara siapa yang membuang sampah sembarangan di lingkungan tempat tinggal dikenakan denda atau sanksi,  Terapkan budaya malu dengan mempublikasikan pembuang sampah sembarangan di media sosial atau denda di tempat lewat razia yg dilakukan satpol pamong praja.
Selanjutnya perlu diikuti dengan sistem manajemen lewat pemberdayaan bank sampah hingga pembuangan ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) serta pengolahan untuk pemanfaatan,katanya melanjutkan.


Sampah tidak akan bermasalah jika masyarakatnya tidak( menyampah ) membuang sampah sembarangan .

Sampah akan sangat bisa di atasi selagi masyarakatnya mau menerima edukasi akan hal hal  baru tentang pongolahan dan pemanfaatan sampah ,ucapnya mengahiri pembicaran tetsebut.


TerPopuler