Loading...

4 hektar lahan Hangus saat kebakaran di Dumai Motor ,Tanjung Palas

Pemadaman kebakaran lahan di lokasi Dumai Motor


Dumai(PantauNews.co.id)  Akibat musim panas yang panjang dengan intensitas hujan yang rendah menyebabkan tumbuhan menjadi kering.

Hal ini menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan pada hari Senin, 12 Agustus 2019 sekira pukul 15.00 Wib di jl.Lintas Dumai - Pelintung ( lokasi Dumai Motor) tepatnya di Rt 04 Kel. Tanjung Palas Kec. Dumai Timur,  Dumai.


Tim Subsatgas Gabungan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan langsung terjun ke Lokasi yang terdiri dari Kodim 0320/Dumai,Polres Dumai, BPBD.

Dari  Subsatgas  Dandim 0320/Dumai  Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P langsung memimpin pemadaman di lokasi. Di dampingi PJS Danramil 01/Dumai Kapten ARH M Daulay.


Luas lahan yang terbakar cukup luas dengan kondisi cukup Kering sangat mudah memicu kebakaran lahan.

" Api berawal dari Gang Sikumana sekitar 700 meter kedalam,diperkirakan 4 sampai 5 hektar lahan yang sudah terbakar" ucap Kapten ARH M Daulay menjelaskan pada media.


Akibat minimnya sumber air  pada lokasi kebakaran lahan tersebut  subsatgas  berkoordinasi dengan Pemadam Pertamina dan PT. Chevron yang langsung menurunkan tim Damkar serta mobil tanki air dengan kapasitas 5.000 liter dan 20.000 Liter langsung ketempat kejadian.




Sementara itu si pemilik lahan masih dalam lidik kepolisian .
Dimana informasi yang di himpun di lapangan salah satu warga menyebutkan pemilik lahan sedang berada di luar negri dan belum bisa di mintai konfirmasi terkait musibah kebakaran lahan ini.

"Pemadaman tahap ini selesai pukul 18.30 Wib dan akan dilanjutkan besok pagi sekitar  jam 06.00 ". Ucap kapten ARH M Daulay yang saat itu tampak sudah sangat letih dalam tugas pemadan api tersebut.

Kerja keras semua pihak dan petugas pemadaman   berjibaku memadamkan api pada lahan tersebut. Dimana pada saat kejadian asap sangat banyak sempat menggangu pandangan pengguna jalan raya.
Polres Dumai dengan sabar mengatur jananan agar kembali lancar dan aman dengan arahan tetap berhati hati dalam berkendaraan.




Penulis : Al Amin
Editor    : Dedi saputra

No comments

Powered by Blogger.