Ketua PDIP Dumai Blak Blakan 1 Nama yang Diusulkan, Demokrat dan PKS : Tunggu DPP

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Ketua PDIP Dumai Blak Blakan 1 Nama yang Diusulkan, Demokrat dan PKS : Tunggu DPP

Sabtu, 31 Agustus 2019, 3:14 AM
Gedung DPRD Kota Dumai. (Foto: Net)
Dumai (PantauNews.co.id) – Dengan berakhirnya masa jabatan DPRD Dumai 2014 – 2019, maka sesuai dengan perolehan suara pada Pileg 17 April 2019 DPRD Kota Dumai 2019 – 2024, Partai Demokrat sebagai partai politik (parpol) pemenang dengan memperoleh sebanyak 5 kursi, sudah dipastikan mengisi pucuk pimpinan tertinggi DPRD Kota Dumai.
Disusul PKS diposisi kedua dengan memperoleh 4 kursi dengan dan PDIP juga memperoleh sama 4 kursi. Walaupun Partai NasDem juga memiliki kursi yang sama dengan PKS dan PDIP, namun NasDem Kota Dumai hanya mampu bertengger diposisi keempat pada Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Dumai.
Jumlah kursi DPRD Kota Dumai sebanyak 30, sesuai dengan regulasi, posisi pucuk pimpinan hanya diisi sebanyak 3 pimpinan DPRD. Penentuan ketua ini mengacu UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Aturan ini juga memiliki turunannya di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018. 
Pada Pasal 164 ayat 3 tertulis ketua DPRD kabupaten/kota ialah anggota DPRD kabupaten/kota yang berasal dari partai politik yang memperolah kursi terbanyak pertama di DPRD kabupaten/kota.
Seperti dilansir media antara.com, Sekretaris DPC Demokrat Kota Dumai, Haryadi Suparlan mengatakan, telah mengirim 3 nama dari 5 Caleg DPRD Demokrat Dumai terpilih pada perhelatan Pileg 17 April 2019 silam untuk diusulkan ke DPP.
Hal juga senada disampaikan Uber Firdaus, Ketua DPC PDIP Kota Dumai yang dilansir dari media monitorriau.com, telah mengirimkan 3 nama dari 4 Caleg DPRD PDIP Dumai terpilih untuk diusulkan sebagai posisi pimpinan DPRD.
Berbeda dengan Demokrat Dumai yang tidak mau menyebutkan siapa yang pantas mengisi posisi pimpinan DPRD Dumai, namun Uber Firdaus mengatakan blak blakan saat ditanya siapa paling layak mengisi posisi pimpinan DPRD.
Seperti yang dilansir, Uber mengatakan ketiga nama yang diusulkan sama-sama berpeluang, tapi bila merujuk 1 nama maka nama Bahari terdepan mengingat ia memiliki perolehan suara terbanyak di partai yakni 2.064 Suara.
Ketika dikonfirmasi, Ketua DPD PKS Kota Dumai Edi Sepen mengatakan, ada 3 nama yang telah diusulkan sebagai pimpinan DPRD Kota Dumai ke DPW PKS Riau.
“Sebenarnya hanya ada 2 nama yang diusulkan, namun berbagai pertimbangan dan masukan, kita sepakat untuk mengusulkan 3 nama,” ungkap Edi Sepen, Jum’at (30/09).
Pelantikan Anggota DPRD Kota Dumai masa bakti 2019 – 2024 dijadwalkan pada tanggal 3 September 2019 mendatang. Sudah dipastikan 3 Parpol pemenang Kota Dumai pada Pileg 2019 sudah dapat mengantongi nama nama yang mendapat restu mengisi posisi pucuk pimpinan DPRD Kota Dumai.
Namun hingga kini, pantauan awak media pimpinan parpol masih enggan menyebutkan siapa nama yang terpilih oleh DPP.
“Kita tunggu saja sesudah pelantikan DPRD Kota Dumai 2019 – 2024,”pungkas Edi Sepen.
Penulis : Redaksi

TerPopuler