Meningkatkan Akses Pasar, Dinas Perdagangan, Koperasi & UKM Riau Gelar Sosialisasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang di Dumai

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Meningkatkan Akses Pasar, Dinas Perdagangan, Koperasi & UKM Riau Gelar Sosialisasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang di Dumai

Selasa, 24 September 2019, 11:40 PM

Dumai (PantauNews.co.id) - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau mengadakan Sosialisasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang. Acara ini dihadiri Oleh Kepala Bagian Pengawasan Sistem Resi Gudang badan pengawas Berjangka Komoditi Kemendag, Drs. Sukardi Selaku Narasumber.

Acara ini juga didampingi Kabid Perdagangan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau Hamsani Rahman. SE. M. Si dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen. SH. MH yang langsung memimpin acara tersebut pada Selasa 24/09/2019 di Hotel Cititel Dumai.

Pengembangan pasar lelang dan sistem resi gudang daerah adalah untuk menciptakan sistem perdagangan yang lebih baik melalui transparansi. Mekanisme penentuan harga dan peningkatan efisiensi dan efektifitas sistem perdagangan nasional.

Sehingga dapat meningkatkan ekspor, menurunkan impor mencukupi kebutuhan domestik dan pada gilirannya akan dapat meningkatkan dan menciptakan insentif bagi peningkatan produksi dan mutu serta meningkatkan pendapatan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, terutama produsen atau petani.

Pengembangan komoditas agro di Provinsi Riau seperti halnya komoditas lainnya,seperti kelapa, karet,pinang,sagu,kopi dan lainnya memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung ekonomi didaerah.

Dalam kesempatan ini, Drs. Sukardi selaku kepala bagian pengawasan sistem resi gudang badan pengawasa berjangka komoditi – Kemendag mengatakan untuk berjalannya sosialisasi pasar lelang komoditas dan sistem resi gudang di provinsi riau.

” Ya, tujuan kita untuk menginformasikan tentang bagaimana pelaksanaan mekanisme persyaratan dan tata cara dalam sistem resi gudang. Beliau juga berharap pada para peserta sosialisasi jangan segan segan menyampaikan permasalahan yang dihadapi selama ini untuk dibahas solusinya.” kata Sukardi.

Penulis : Al Amin
Editor   : Redaksi

TerPopuler