Proyek Roro Dumai-Melaka akan Lakukan Uji Coba di Bulan September 2019.

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Proyek Roro Dumai-Melaka akan Lakukan Uji Coba di Bulan September 2019.

Minggu, 08 September 2019, 10:46 AM

Dumai (PantauNews.co.id) - Pemerintah Provinsi Riau menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan komoditi lokal. Baik untuk di tingkat lokal, nasional hingga internasional.

Hal ini diwujudkan dengan menggesa progres kerja sama antar negara dalam proyek roro Dumai-Melaka. Dari hasil koordinasi yang dilakukan, sarana infrastruktur laut itu akan di uji coba dalam waktu dekat ini.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, uji coba Roro Dumai-Melaka ini akan memberikan kontribusi positif bagi daerah. Langkah uji coba dilakukan untuk melihat sejauh mana persiapan yang dilakukan oleh dua negara ini.

“Progresnya kan sedang berjalan. Insyaallah kalau tidak ada perubahan, pada tanggal 19 September nanti diujicobakan rute Roro Dumai-Melaka ini. Kita doakan saja semoga berjalan dengan baik,” paparnya, Senin (02/09).

Langkah uji coba dilakukan untuk dapat melihat hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan ke depannya. Meskipun target realisasi pada akhir tahun 2020 mendatang. Namun pemerintah Indonesia melalui Pemerintah provinsi Riau dan Pemerintah Malaysia, sepakat akan melakukan uji coba Roro Dumai-Melaka pada 19 September ini.

Untuk itu langkah koordinasi dan komunikasi terus diintesifkan. Bahkan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pertenyan antara Pemerintah Indonesia dan pemerintah Malaysia.

Pertemuan tersebut untuk membahas sejauh apa perkembangan Pelabuhan Roro Dumai-Malaka itu. Dengan ada roro tersebut, diharapkan 71 komoditi unggulan di Provinsi Riau yang biasanya diekspor ke Malaysia dan negara lainnya dapat dimaksimalkan.

Sumber: media center.riau.go.id

TerPopuler