Menkominfo : Startup Edutech Bakal Jadi The Next Unicorn ?

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Menkominfo : Startup Edutech Bakal Jadi The Next Unicorn ?

Selasa, 10 September 2019, 12:57 AM
Foto: Net
Jakarta (PantauNews.co.id) - Belum lama ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bahwa besar kemungkinan untuk unicorn dari Indonesia selanjutnya ada di bidang teknologi edukasi.

Hal ini berlandaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang Dasar, 20 persen Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) wajib disisihkan untuk bidang pendidikan.

Pemerintah yakin dana tersebut dapat segera meningkatkan gross merchandise value (GMV) dari bisnis teknologi edukasi, membawanya ke jejeran unicorn.

Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (IdEA) Ignatius Untung menanggapi pernyataan ini. Menurutnya memang ada pemain besar dalam bidang teknologi edukasi yang berpotensi menjadi unicorn.

"Edutech ada satu pemain besarnya sih yang berpotensi jadi unicorn. Tapi fintech ada lebih dari 4 pemain yang GMV-nya sudah sangat besar dan berpotensi jadi unicorn," katanya melalui pesan singkat.

Meski demikian, dia masih belum mengetahui pasti kapan pemain teknologi pendidikan itu akan menjadi unicorn.

"Wah, kalo kapannya cuma mereka yang tahu karena valuasinya kan gak terbuka," tuturnya.

Untung percaya jika ada program dari pemerintah untuk kemunculan unicorn maka bisa berkolaborasi dengan anggran pendidikan.

Saat ini pemerintah sedang menjalankan program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) yang bertujuan untuk mempertemukan pemerintah dan industri swasta dengan startup-startup Indonesia yang terbaik dan siap menerima investasi baik dari dalam maupun luar negeri.

Di sisi lain, CEO Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara belum bisa berkomentar soal pernyataan Kemenkominfo. Ruang Guru merupakan perusahaan bidang teknologi edukasi yang dapat membantu proses belajar mengajar siswa secara online.

Sumber :Merdeka.com

TerPopuler