Pasca Diguyur Hujan Deras dan Disertai Angin Kencang Selama Dua Hari, Kabut Asap di Kota Dumai Nyaris Hilang

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Pasca Diguyur Hujan Deras dan Disertai Angin Kencang Selama Dua Hari, Kabut Asap di Kota Dumai Nyaris Hilang

Kamis, 03 Oktober 2019, 12:09 AM


Dumai (PantauNews.co.id) – Pasca musim kemarau dan kabut asap yang melanda Kota Dumai sebelumnya berkepanjangan, Selasa sore (01/10/2019) kemaren, dianugerahi curah hujan yang cukup tinggi. Tapi malang, hujan yang disertai angin kencang ini banyak merusak bangunan warga dan bahkan banyak pohon pohon bertumbangan.

Pantauan awak media, hujan deras yang sudah memasuki hari kedua ini, Rabu (02/10/2019) terlihat sejumlah bangunan warga yang rusak seperti terjadi di kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Akibatnya satu rumah dan dua petak Ruko mengalami rusak berat akibat terbawa angin pada Selasa sore (01/10/2019) sekitar pukul 16.50 WIB. Atap dua petak Ruko ini terangkat oleh kencangnya angin yang disertai hujan deras.

“Jam 16.50 tadi sore, angin menyapu genting rumah. Pas tadi hujan bercampur angin. Atap ruang tengah, ruang depan, terbang kena angin ke sebelah rumah,” kata Kidir saat ditemui dilokasi kejadian Jalan Makmur/Siliwangi RT 09, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur seperti dilansir dari Infowarta.com.
Hal serupa juga terjadi di Jalan Lintas Soekarno Hatta, tepatnya didepan Main Office Chevron Dumai. Arus lalu lintas sontak menjadi macet, akibat banyaknya pohon kayu besar bertumbangan. Warga sekitar yang melihat kejadian, langsung berbondong bondong ikut berpartisipasi membantu kelancaran arus lalu lintas.
Pemerintah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kota Dumai, cepat menanggapi dengan melakukan pemotongan pohon besar yang bertumbangan. Aksi cepat dan tanggap darurat yang dilakukan sampai saat ini, kondisi jalan sudah berjalan dengan lancar.
Hujan yang cukup deras dengan disertai angin kencang ini, membuat kabut asap di Kota Dumai semakin berkurang dan bahkan sudah tidak terlihat lagi masyarakat menggunakan masker saat berkendaraan. Pantauan dilapangan saat ini, Kota Dumai mengalami genangan air yang cukup tinggi dan hampir merata di sepanjang pemukiman masyarakat.
“Kami berharap kepada Pemerintah Kota Dumai agar cepat tanggap dengan kejadian ini dan agar pohon pohon yang sudah tidak layak dan bahkan berpotensi memakan korban jiwa untuk dilakukan penumbangan,” harap Ketua RT 06 Kelurahan Bukit Batrem yang ikut membantu pasca kejadian.
Penulis : Erwin Komeng
Editor   : Redaksi



TerPopuler