'Demokrat Memanggil', Pasangan Eko Suharjo - Paruntungan Pane Layak Diusung di Pilkada Dumai 2020 Mendatang

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

'Demokrat Memanggil', Pasangan Eko Suharjo - Paruntungan Pane Layak Diusung di Pilkada Dumai 2020 Mendatang

Jumat, 08 November 2019, 3:35 AM

Dumai (PantauNews.co.id) – Drs Paruntungan Pane MM ikut melaksanakan pendaftaran dan penjaringan sebagai Bakal Calon Walikota Dumai dan Wakil Walikota (Balon Wako dan Wawako) Dumai di DPC Demokrat. Prosesi kegiatan yang dilaksanakan di Alun Alun Cafe Mi Roso Jalan Janur Kuning, Jayamukti, Dumai Timur ini dihadiri berbagai kalangan masyarakat yang terbilang suku di Negeri Putri Tujuh.

Bukti keseriusan Paruntungan Pane maju sebagai calon kepala daerah, telah membangun komunikasi politik dan mendapat restu  dari kalangan tokoh tokoh masyarakat Batak yang notabene adalah satu satunya Balon Wako dan Wawako Dumai yang berasal dari Halak Hita.

Pendaftaran yang dilaksanakan oleh DPC Demokrat Dumai dengan nuansa yang berbeda dengan parpol lain, mendapat sambutan hangat dan apresiasi dari masyarakat. Parpol yang mengusung tagline ‘Demokrat Memanggil’ ini telah berhasil menjaring Balon Wako dan Wawako sebanyak 5 orang dengan keikutsertaan Paruntungan Pane dalam penjaringan yang sejak dibuka pada tanggal 01 November 2019.


Selain masyarakat suku batak, terlihat juga beberapa masyarakat suku lainnya, yang juga ikut mengantarkan dan mendampingi Paruntungan Pane mendaftar sebagai calon kepala daerah, pada Kamis (07/11/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Tim 14 ‘Demokrat Memanggil’ yang dihadiri oleh segenap pengurus cabang, anak cabang hingga kepengurusan ranting, juga ikut meramaikan pendaftaran Paruntungan Pane. Diwakili Sekretaris DPC Demokrat Dumai, Haryadi Suparlan dalam sambutannya, mengapresiasi jamuan pendaftaran dan penjaringan Balon Wako dan Wawako Dumai Paruntungan Pane.

“Bukan hanya di kedai kopi saja pelaksanaan pendaftaran , tetapi kali ini jamuan yang disediakan Bapak Paruntungan Pane, kita makan berat nih” kelakar Haryadi.

Haryadi juga menyampaikan Balon Wako dan Wawako yang mendaftar di Demokrat Dumai, memiliki hak yang sama untuk dipilih yang nantinya akan diputuskan oleh DPP Demokrat di Pusat.

“Demokrat terbuka kepada siapa saja bagi kandidat yang ingin memajukan Kota Dumai kedepan, dan siapa yang bakal diusung nanti adalah menjadi hak mutlak di DPP,” ungkapnya.


Sosok Paruntungan Pane yang sudah tidak asing bagi dikalangan masyarakat Kota Dumai dan apalagi dikalangan suku Batak. Menjadi salah satu elit di Partai NasDem Dumai dan menjabat sebagai Ketua Bappilu, Paruntungan pane memiliki peluang besar mendapatkan restu dan mandat dari parpol besutan Surya Paloh tersebut.

Pane mengungkapan bahwa, pencalonanannya tersebut mendapatkan dukungan dan restu dari beberapa para tetua dan masayarakat suku batak yang menilai dirinya pantas menjadi Walikota atau Wakil Walikota Dumai nantinya.

“Awalnya tidak terbersit dan niat dihati saya untuk ikut meramaikan bursa di Pilkada Dumai 2020 mendatang. Tetapi, berkat dukungan dan dorongan dari sebagian masyarakat sehingga saya optimis maju sebagai Balon Wako dan Wawako Dumai 2021-2026,” paparnya.

Pane yang digadang gadangkan hanya sebagai Calon Wakil Walikota, salah satu tamu yang sempat berceletuk, bahwa Partai Demokrat pantas nantinya bersanding dengan Partai NasDem. Pane yang menjelaskan sedang gencar melakukan lobi lobi dan komunikasi politik dengan parpol lainnya, berhubung parpol yang ada di Kota Dumai tidak ada satupun yang memenuhi syarat 6 kursi sebagai persyaratan pencalonan.

Eko Suharjo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Dumai, diprediksi akan mulus mendapat restu dan mandat DPP dari partai berlambang mercy tersebut, untuk maju bertarung di Pilkada Dumai 2020 mendatang. Sebagai Ketua DPC Demokrat, Eko Suharjo dianggap telah berhasil mengantarkan Demokrat sebagai parpol pemenang Pemilu di Kota Dumai.

“Nah apalagi, Eko – Pane adalah pasangan yang serasi untuk diusung di Pilkada Dumai 2020 mendatang dan dipastikan mereka (Eko-Pane) dapat memenangi kontestasi nantinya ,“ cetus STT Tobing, salah satu masyarakat yang ikut mendampingi pendaftaran Paruntungan Pane yang sempat diwawancarai awak media.

STT Tobing juga mengungkapkan, minimal dukungan dari kalangan masyarakat  Jawa dan Batak yang ada di Kota Dumai adalah pemilih yang cukup besar untuk memenangi perhelatan kontestasi politik yang diselenggarakan lima tahun sekali.

“Saya juga tidak menutup kemungkinan, apabila Paruntungan Pane juga nantinya dapat menemukan pasangan yang cocok  selain Eko Suharjo. Tetapi, kayaknya saya memiliki feeling yang kuat bahwa Eko – Pane adalah pasangan yang pas dan cocok untuk bertarung di Pilkada Dumai 2020 mendatang,” pungkas STT Tobing.

Penulis: Edriwan




TerPopuler