Genap 1 Tahun, Komunitas FIP Miliki Program 'Sebar Sapa'

Genap 1 Tahun, Komunitas FIP Miliki Program 'Sebar Sapa'

Minggu, 22 Desember 2019, 4:31 AM

Dumai (PantauNews.co.id) – Forum Ihsan Peduli (FIP) merupakan sebuah komunitas lokal yang berada di Kota Dumai dan bergerak dibidang kemanusiaan. Berdirinya komunitas ini sebagai bentuk kepedulian terhadap orang-orang yang ditimpa musibah dan bencana alam.
Digagas oleh Noferi dan Fadrizal pada bulan September tahun 2018 lalu, tanpa terasa komunitas ini sudah berusia 1 tahun.

Dalam perjalanannya komunitas ini akfit membantu masyarakat yang ditimpa musibah atau bencana alam baik di tingkat lokal maupun nasional. selain itu, FIP sendiri telah memiliki program baru yang diberi nama Sebar Sapa.
“Program Sebar Sapa dalam komunitas FIP ini bertujuan mengajak masyarakat untuk saling berbagi kepada masyarakat yang memiliki ekonomi lemah” ujar Ketua FIP Noveri.
Terhadap masyarakat yang mengalami musibah, FIP sendiri bergerak spontan menggalang dana dari para donatur. Meski bersifat spontan bukan berarti komunitas ini asal-asalan menyalurkan bantuan tersebut. Noferi juga menuturkan bahwa pengurus FIP melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini beberapa waktu yang lalu adalah menggalang dana dan menyalurkan kepada salah seorang warga bernama Lukman yang berprofesi sebagai tukang becak dayung yang mengalami musibah. Pada saat itu rumah Lukman ditimpa pohon yang tumbang dan Lukman sendiri mengalami kecelakaan pada hari yang sama.
Meski belum terdaftar di dinas terkait, komunitas FIP ini tetap menjalankan apa yang menjadi tujuan utama dalam komunitas ini. Bahkan komunitas ini aktif memperjuangkan masyarakat miskin untuk mendapatkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) dari pemerintah.
“Memang kedepannya komunitas ini akan kami buatkan badan hukumnya dan agar bisa terdaftar didinas terkait”, ujar Sekretaris FIP Ilham.
Ilham juga menambahkan meski belum terdaftar, komunitas FIP telah mendapat kepercayaan dari para donatur untuk menyalurkan sumbangan yang mereka berikan.
“Kami memiliki motto Profesional, Efektif, dan Akuntabel. Bagi masyarakat atau donatur yang ingin bergabung atau memberikan bantuan bersama komunitas ini dapat menghubungi nomor 08126772318 dan mengikuti media sosial facebook dengan nama akun Ihsan Peduli. Untuk transparansi, dalam akun tersebut juga akan dipaparkan jumlah dana yang didapat dan disalurkan kepada mereka yang berhak menerima,” tutup Ilham.
Penulis: Pepen Prengky

TerPopuler