Aksi Nekat Bocah Kampung Pulo Menantang Maut di Sungai Ciliwung

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Aksi Nekat Bocah Kampung Pulo Menantang Maut di Sungai Ciliwung

Kamis, 02 Januari 2020, 1:17 AM

Jakarta (PantauNews.co.id) – Saat banyak warga tengah sibuk mengamankan barang-barang berharga ke daerah yang lebih tinggi atau lantai dua rumahnya karena menghindari banjir di awal Tahun 2020, belasan pemuda tanggung warga Kampung Pulo justru melakukan aksi nekat dengan berenang di Sungai Ciliwung.

"Bukan anak Kampung Pulo namanya kalau gak bisa berenang di Ciliwung," ucap Oday salah satu bocah yang tinggal di sekitar Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (01/01/2020).

Oday, bersama belasan teman-teman lainnya, tampak lihai mengepakkan kedua tangan dan kakinya di tengah derasnya arus Sungai Ciliwung. Mereka dengan cakap mengarungi Sungai Ciliwung tanpa memikirkan bahaya terseret arus deras.

Aksi Oday dan teman-temannya ini tergolong nekat. Hanya bermodalkan celana pendek, tanpa dilengkapi satu pelampung pun, mereka mengarungi Sungai Ciliwung dengan jarak sekitar 500 meter dari depan pemukiman rumah mereka hingga jembatan Tontek, Jatinegara. Bahkan, aksi menantang maut itu dilakukan tidak hanya sekali, tapi berkali-kali.

Tidak ada satu pun warga maupun petugas yang menegur aksi nekat bocah-bocah tanggung itu. Bahkan, tidak sedikit aksi mereka itu menjadi tontonan warga sekitar yang melintas di jembatan Tontek yang mengarah SMA Negeri 8 itu.

"Ah, anak-anak ini mah udah biasa bang, dibilangin juga gak bakal berhenti dia," kata salah satu warga yang enggan namanya disebutkan.

Padahal sebelumnya, salah satu petugas Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Budi mengaku, sudah mengimbau kepada warga yang tinggal di sekitar Kampung Pulo untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman. Petugas memperkirakan air kiriman dari Bendungan Depok dan Katulampa, Bogor baru akan tiba di Jakarta sekitar pukul 18.00 wib.

Sementara, jarak air di Sungai Ciliwung dengan bibir tanggul di Kampung Pulo saat ini hanya tinggal berjarak 50 cm. Ketika air kiriman dari Depok dan Bogor datang, kemungkinan besar air di Sungai Ciliwung akan meluap ke jalan sekitar Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sumber: Vivanews.com

TerPopuler