Bayi Dibuang di Teras Rumah Pak RT, Ibunya Tinggalkan Surat Wasiat

Media Informasi Publik Memantau dan Menyampaikan Dengan Data dan Fakta.

Bayi Dibuang di Teras Rumah Pak RT, Ibunya Tinggalkan Surat Wasiat

Senin, 06 Januari 2020, 5:33 PM

Pekanbaru (PantauNews.co.id) - Seorang bayi laki-laki berusia sekitar 7 hari ditemukan warga di teras depan rumah Ketua RT, di Jalan Garuda Sakti, Gang Kampar, Tampan, Pekanbaru, Sabtu (4/1/2020) pagi.

"Ditemukan Sabtu pagi sekitar pukul 05.30 WIB," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya SIK kepada wartawan, Sabtu (04/01/2020) lalu.

Kejadian lanjut Nandang, bermula saat seorang warga bernama Yusmainar (50) dikagetkan dengan suara tangis bayi yang tak jauh dari rumahnya di Jalan Garuda Sakti Sabtu pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Dengan rasa penasaran, Yusmainar lantas membangunkan suami nya, Iwan. Untuk mencari sumber suara.

Sumber suara akhirnya didapati. Ia sontak kaget melihat sosok bayi laki-laki tergeletak dalam kardus di teras depan rumah tetangganya, Zulfaimi yang juga Ketua RT01/RW09, Simpang Baru, Tampan. Diduga dibuang orang tuanya.

Bayi ditemukan lengkap dengan kain bedong, topi dan selimut, dalam kondisi basah dan kedinginan, dengan bibir sedikit menghitam.

"Kita juga menemukan sepucuk surat yang diduga ditinggalkan ibu sang bayi," ucapnya.

"Isinya, berkenan merawat bayi nya dengan baik, semoga yang merawatnya akan dapat rejeki dari Tuhan Yang Maha Esa," sambungnya.

Dari hasil pemeriksaan fisik, Nandang menjelaskan kondisi bayi dalam keadaan sadar dan sehat. Dengan berat badan 4,3 Kilogram dan panjang 54 sentimeter.

Memiliki lingkar kepala 39 sentimeter, lingkar dada 40 sentimeter, lingkar perut 38 sentimeter dan lingkar lengan 13 sentimeter.

"Hasil pemeriksaan, bayi itu diperkirakan sudah lahir tujuh hari,'' sebut Nandang. Saat ini bayi sedang dirawat intensif di RS Bhayangkara Polda Riau," ucap Nandang.

Pihaknya mengaku akan menyelidiki siapa orang tua nya. ''Sedang diselidiki siapa orang tuanya, agar dimintai keteranganya dan diproses,'' pungkas Kapolresta.

Sumber: Koran MX

TerPopuler