Peduli Lingkungan Masyarakat Bukit Batrem, KP3T Gagas Gotong Royong Masal

Peduli Lingkungan Masyarakat Bukit Batrem, KP3T Gagas Gotong Royong Masal

Minggu, 26 Januari 2020, 1:33 PM



Dumai (PantauNews.co.id) -  Lingkungan hidup merupakan faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup . Karena itu, menjaga dan mengelola lingkungan hidup dengan baik merupakan sebuah kewajiban kita bersama. Jika lingkungan hidup terus diabaikan dan bahkan dirusak, maka bala petakalah yang menimpa makhluk yang ada dimuka bumi tersebut.

Mewujudkan kecintaan lingkungan, Kelompok Pengerajin Tempe, Tahu dan Toge (KPT3) bersama masyarakat yang berada di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur adakan gotong royong bersama, Minggu pagi (26/01/2020).

Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap 2 bulan  ini, masyarakat yang mayoritas berada dilingkungan pengerajin home industri makanan ringan ini sudah dilaksanakan tiga hari sejak tanggal 23 - 26 Januari 2020.

Menurut keterangan Sekretaris KPT3  Endri Purnomo, kegiatan gotong royong ini dilakukan dimasing masing RT di Kelurahan Bukit Batrem ini, sekaligus menjadi pelopor kegiatan dimasyarakat tentang peduli lingkungan dan membudayakan gotong royong.

"Kesadaran dan kepedulian sudah seharusnya dimulai dari masyarakat terkecil. Kami merasa ikut menjadi bagian dan membutuhkan dukungan serta partisipasi masyarakat," ungkap Endri Purnomo.

Untuk memaksimalkan kegiatan gotong royong, masing masing beberapa RT ditunjuk koordinator kebersihan. Seperti Koordinator Jasmin yang ditunjuk di RT 06 dan RT 07, kegiatan tersebut juga dibantu oleh warga.

Pantauan dilapangan, kegiatan yang digagas oleh KPT3 bersama masyarakat ini terlihat antusias dalam membersihkan parit parit yang tersumbat, pemotongan rumput dan juga perbaikan drainase yang sudah kurang berfungsi dengan baik.

Kegiatan yang dipelopori oleh KP3T terkait kepedulian lingkungan dan penggelolaan limbah ramah lingkungan ini, cukup mendapat apreasiasi dari kalangan masyarakat. Selama ini, KP3T juga banyak ikut membantu kegiatan sosial masyarakat seperti pembangunan masjid, bantuan pengobatan, sosial kematian dan menyalurkan bantuan bantuan kepada warga yang kurang mampu. 

"Semoga kegiatan ini selalu mendapat dukungan dari masyarakat dan nantinya ini akan menjadi agenda rutin KP3T," pungkas Endri.

Penulis: Erwin Komeng

Editor : Dedi Saputra

TerPopuler