Tidak Bertugas Lagi di Rutan Dumai, Banyak yang Merasa Kehilangan Sosok Seorang Aldino Octalaperta

Tidak Bertugas Lagi di Rutan Dumai, Banyak yang Merasa Kehilangan Sosok Seorang Aldino Octalaperta

Kamis, 23 Januari 2020, 3:38 AM

Dumai (PantauNews.co.id) – Serah terima jabatan (Sertijab) dan pisah sambut Kepala Rutan Kelas II B Dumai, Yusup Gunawan resmi memimpin Rutan Kelas II B Kota Dumai menggantikan Rindra Wardhana yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil Menkumham) Riau, Maulidi Hilal SH Msi pada Kamis (16/01/2020) lalu.

Selanjutnya, Kepala Pengaman Rutan (KPR) Kelas II B Aldino Octalaperta, juga mendapat promosi jabatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kuantan Singgingi. Aldino Octapelata yang akan pindah tugas ke Lapas Kuansing ini, sudah bertugas di Rutan Dumai selama 12 tahun 9 bulan.

Menjabat sebagai KPR di Rutan Dumai selama kurang lebih  2 tahun 2 bulan, Aldino Octalaperta yang biasa disapa oleh warga binaan Kak Dino ini, banyak merasa kehilangan sosok yang tegas dan penuh perhatian.

Sebagai satu satunya anak kelahiran asli Kota Dumai yang ditugaskan sebagai pegawai tinggi di Rutan Dumai, Kak Dino cukup dikenal dekat dengan warga binaan. Sejak diketahui kabar kepindahan Kak Dino dengan Surat Keputusan dari Kemenkumham pertanggal 13 Januari 2020 di Lapas Kuansing, beliau yang cukup dikenal ramah dan kooperatif kepada cukup juga dirasakan sebagian kalangan awak media.

Perubahan demi perubahan yang dilakukan Kak Dino selama menjadi menjabat di Rutan Dumai ini juga banyak diakui oleh berbagai kalangan. Suasana Rutan yang selama ini terkesan tertutup dengan pemberitaan awak media, semenjak Kak Dino menjabat hal ini berubah drastis.

“Sudah seharusnya Rutan ataupun Lapas membuka informasi kepada publik seluas luasnya. Rutan ataupun Lapas bukan sesuatu yang harus menakutkan dan tertutup dari segala hal informasi. Bahkan, saya dahulu bersama Karutan melakukan segala terobosan di Rutan Dumai, asal sesuai dengan peraturan yang dibenarkan oleh Kemenkumham,” ungkap Kak Dino ketika dikonfirmasi yang saat ini sudah bertugas di Lapas Kuansing, Rabu (22/01/2020).

Hampir seluruh pegawai dan warga binaan di Rutan Dumai mengakui kehilangan dengan sosok Kak Dino. Perubahan demi perubahan yang dilakukan oleh Kak Dino selama menjabat sebagai Kepala Pengaman Rutan Dumai ini, juga banyak hal hal yang positif dalam melakukan proses pembinaan.

Diakui dalam melakukan pembinaan, Kak Dino dikenal dan bahkan dekat dengan warga binaan ini seperti memiliki cara sendiri dalam melakukan proses pembinaan di Rutan Dumai.

Sebagai anak asli kelahiran Kota Dumai, Kak Dino miris dengan jumlah peningkatan jumlah tahanan yang ada di Rutan Dumai. Salah satu cara dengan melakukan pembinaan yang super persuasif dengan menekankan kepada seluruh warga binaan  agar tidak kembali lagi menjadi penghuni di Rutan Dumai.

Hal ini juga diakui oleh berbagai kalangan awak media terkait sosok seorang Aldino Octalaperta. Sosok yang ramah, terbuka dan kooperatif dengan berbagai kalangan awak kuli tinta ini juga diakui oleh Dedi Saputra.

“Semoga Kak Dino sukses ditugaskan ditempat yang baru. Saya berharap nantinya, Kak Dino kembali sebagai orang nomor satu untuk memimpin Rutan Kelas II Dumai, “ pungkas Dedi.

Penulis: Erwin Komeng

Editor : Edriwan 

TerPopuler