Anies Sudah Ajukan Desain Sirkuit Formula E, Tetap Masuk Monas

Anies Sudah Ajukan Desain Sirkuit Formula E, Tetap Masuk Monas

Rabu, 12 Februari 2020, 2:38 AM

Jakarta (PantauNews.co.id) - Gubernur DKI, Anies Baswedan, secara resmi sudah mengajukan layout trek balapan Formula E. Sesuai rencana awal, adu kebut mobil listrik itu bakal melewati area Monas.

Dalam desain sirkuit yang diterima detikOto, terlihat lintasan trek Formula E masuk ke dalam area monas. Belum disebutkan di mana letak garis start/finis, namun dijelaskan lintasan total sepanjang 2,6 km.

Rencana lintasan Formula E tersebut tertuang dalam surat Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta bernomor 61/-1.857.23. Surat bertanggal 11 Februari tersebut ditandatangani oleh Anies Baswedan dan ditujukan pada Menteri Sekretaris Negara.

Disebutkan kalau sirkuit jalanan tersebut akan berputar searah jarum jam dan memiliki 11 tikungan. Digambarkan dalam surat tersebut, lintasan Formula E akan melewati sepanjang Jalan Merdeka Selatan, untuk kemudian belok kanan masuk ke area Monas dari dekat patung Arjuna Wijaya.

Trek berlanjut menyusuri sisi selatan Silang Monas, lalu belok kanan kembali ke Jalan Merdeka Selatan.

Sebelumnya, rencana menggelar Formula E di sekitar Monas menjadi perdebatan. Sebabnya, Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di kawasan Monas.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Sekretaris Mensesneg Setya Utama, di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/02/2020).

Belakangan, izin menggelar Formula E di sekitar Monas akhirnya dikeluarkan Kemensetneg. Sampai akhirnya Anies Basweda mengirim layout trek Formula E ke Menteri Sekretaris Negara, pada Selasa (11/2/2020) malam hari ini.

Sumber: Detik.com

TerPopuler