Kebakaran Lahan Pertamina RU II Dumai, Asap Banyak 'Mancing' Perhatian Warga

Kebakaran Lahan Pertamina RU II Dumai, Asap Banyak 'Mancing' Perhatian Warga

Selasa, 04 Februari 2020, 1:39 PM

Dumai (PantauNews.co.id) - Potensi kebakaran di lahan gambut dapat menjadi semakin besar saat dimusim kemarau. Hal ini disebabkan oleh fungsi penyerapan air pada gambut yang tidak optimal. Terjadi kebakaran lahan milik Pertamina RU II Dumai pada Senin (03/01/2020) sekitar pukul 13.00 WIB, berlokasi di RT 17 Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Diperkirakan luas kebakaran sekitar 0,25 Hektar pada titik koordinat 1,40’21” 101’27’47” dengan jenis lahan di tumbuhi semak belukar. Akibat dari kebakaran lahan ini, menyebabkan asap yang cukup banyak dan sempat menarik perhatian warga sekitar.

Upaya yang dilakukan tim gabungan dalam untuk tindakan pemadaman adalah penyekatan agar api tidak meluas dan merembes kelahan sebelahnya. Tampak petugas yang turun saat pemadaman, Tim 1 dari Manggala Agni berada sebelah selatan lokasi kebakaran dan Tim 2 dari PT Pertamina berada di sebelah Timur lokasi kebakaran.

Pantauan, personil yang terlibat dan turun membantu pemadaman dari TNI ada sekitar 5 orang yakni Danramil 01/Kota di Komandoi oleh Kapten Infantri Adhar dan dibantu beberapa orang anggota Sertu Abu Kasim, Pasi Ops Kodim, Serda Samsi Deni, Peltu wawan .

Sementara dari pihak kepolisian ada 3 orang yaitu Bhabinkamtibmas Teluk Binjai dikomandoi oleh Bripka Hadianto Silaban. Dari BPBD Dumai  diturunkan sebanyak 7 orang dengan dibantu
anggota dari kelurahan sebanyak 3 orang

Tampak 1 unit Mobil Damkar dari Pertamina dan 1 Unit Mobil Damkar milik BPBD Kota Dumai yang diturunkan saat pemadaman serta 1 unit mobil tanki air.

Bhabinkamtibmas Teluk Binjai Bripka Hardianto Silaban menyebutkan api berhasil dipadam dan dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Ditempat terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kota Dumai Afri Lagan menyampaikan, bahwa api berhasil dilakukan pemadaman dan pendinginan dilokasi Karhutla dengan  berkat kesigapan tim gabungan.

Penulis : Dedi Saputra

TerPopuler