Salurkan Program Bakti Sosial, Humas PT SDS: Ternak Kambing Paling Berhasil

Salurkan Program Bakti Sosial, Humas PT SDS: Ternak Kambing Paling Berhasil

Senin, 24 Februari 2020, 8:59 PM

Dumai (PantauNews.co.id) – Salah satu perusahaan penghasil CPO terbesar di Kota Dumai, melaui program Rumah Pintar yang digagas oleh PT Sari Dumai Sejati (SDS) membuat kegiatan kegiatan yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu sumber daya masyarakat di Kelurahan Lubuk Gaung Sungai Sembilan.

Perwakilan Pimpinan PT SDS melalui Head SSL Kamero Bangun menjelaskan, program ini sudah berlangsung seperti pelajaran bahasa inggris untuk anak anak, menjahit dan membuat kue bagi kaum ibu ibu. Lanjutnya, juga melakukan pembinaan penanaman bawang dilahan gambut serta berternak lele dan kambing untuk kelompok tani.

“Program yang paling berhasil adalah berternak kambing, dan ini kita salurkan di RT 05, 06 dan 07 Kelurahan Lubuk Gaung,” papar Humas yang fasih beberapa bahasa asing,  Senin (24/02/2020).

Lanjutnya Kamero, program berternak kambing paling berhasil ini diawali dengan bantuan 10 ekor pada bulan Desember 2018 dengan 3 orang penerima manfaat.

“Sekarang sudah berkembang menjadi 33 ekor kambing dengan bertambah 7 orang penerima manfaat,”  ujarnya.

Ditambahkannya, penerima manfaat pertama berhak mengasuh kambing sampai dua kali melahirkan dan selanjutnya induk kambing digulir kepada pemanfaat lain dengan siklus yang sama.  Bantuan kambing diserahkan sebanyak 12 ekor di RT 07 dengan penerima manfaat 6 orang dan 2 ekor kambing di RT 06 dengan 1 org penerima manfaat.

“Para penerima manfaat sangat berterima kasih, karena pada akhirnya mereka memiliki kambing sendiri dan dapat membantu perekonomian mereka. Kotoran kambing juga dapat dijadikan pupuk untuk tanaman penerima manfaat,” jelasnya.

Sebelum diserahkan, Kamero sebut diadakan undian untuk penerima manfaat. Salah seorang dari penerima manfaat merasa sangat beruntung karena kambing yang dia terima melahirkan pada saat itu.

“Penerima manfaat yang merasa sangat beruntung bernama Pairan dari RT 07 Kel. Lubuk Gaung,” sebut Kamero.

Penerima manfaat bernama Pairan sangat merasa beruntung karena kambing yang dia terima melahirkan dua ekor pada saat penyerahan.

“Dengan demikian, sekali kambing tersebut melahirkan, maka induk kambing  akan digulir kepada penerima manfaat lain,” tukasnya. (rls)

Editor: Edriwan

TerPopuler