Cegah Karhutla Dini, Babinsa Bagan Keladi Gandeng Masyarakat

Cegah Karhutla Dini, Babinsa Bagan Keladi Gandeng Masyarakat

Minggu, 15 Maret 2020, 3:36 PM

Dumai (PantauNews.co.id) - Dalam rangka pencegahan dini tingkat Kebakaran lahan dan Hutan (Karhutla), Babinsa Bagan Keladi bersama Koramil 01/Dumai serta jajaran Kodim 0320/Dumai Koptu Hendra melaksanakan sosialisasi dan Komsos. Pencegahan Karhutla dengan melibatkan masyarakat tepatnya berada di lokasi Jalan Karya Bhakti RT 06, Kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat, Minggu (15/03/2020).

Tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan Komsos ini dengan masyarakat di Kelurahan Bagan Keladi yakni untuk mempererat tali silaturahmi serta kerjasama yang erat untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam Kegiatan Sosialisasi dan Komsos, Koptu Hendra Babinsa Bagan Keladi menyampaikan, masalah denda dan sanksi hukum bila. Hal itu, dilakukan yang bisa berakibat merugikan diri kita sendiri.

"Saya mengajak masyarakat khususnya di Bagan Keladi untuk tidak membakar hutan dan lahan, " ajak Babinsa Bagan Keladi Koptu Hendra.





Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan Komsos yang dilakukannya merupakan salah satu metode Binter TNI-AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI-Rakyat. Lanjutnya, sehingga nantinya kedepan akan mempermudah dalam melakukan koordinasi guna menanggani permasalahan yang timbul diwilayah kerjanya termasuk permasalahan tentang adanya larangan membakar hutan dan lahan.

Ia juga mengajak semua lapisan masyarakat di Kelurahan Bagan Keladi untuk tetap menjaga ketertiban, kebersihan lingkungan dan kesehatan serta menjaga kebunnya agar terhindar dari Karhutla, sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat yang Solid.

"Ini sebagai bentuk antisipasi, sekaligus himbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan secara liar. Saya akan terus mengajak warga agar jangan membakar hutan untuk membuka lahan," ucapnya.

Semoga melalui sosialisasi dan Komsos ini tidak ada lagi masyarakat dengan sembarangan membakar lahan dan hutan untuk membuka lahan perkebunan. Makanya, untuk pencegahan dan antisipasi dimusim kemarau dengan kodisi saat ini.

"Semoga dengan sosialisasi ini, warga akan lebih sadar akan bahaya Karhutla dan mentaati aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," pungkasnya.

Penulis: Erwin Komeng

Editor: Dedi Saputra

TerPopuler