Google Bikin Heboh! Dolar AS Diklaim Tembus Rp 16.000

Google Bikin Heboh! Dolar AS Diklaim Tembus Rp 16.000

Kamis, 19 Maret 2020, 12:32 PM

Jakarta (PantauNews.co.id) - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hari ini menguat signifikan. Per pukul 09.15 WIB tadi, dolar AS menyentuh level Rp 15.400 terhadap rupiah.
Warganet di media sosial pun ramai memperbincangkan hal tersebut. Tagar #RupiahAmbyar trending di media sosial Twitter.

Sejumlah warganet mencuitkan nilai tukar rupiah yang telah menyentuh level Rp 16.000. Pernyataan tersebut umumnya menyertakan hasil tangkapan layar nilai tukar rupiah yang disampaikan oleh mesin pencari Google.

Dari hasil penelusuran seperti dilansir detikcom, Kamis (19/03/2020), hasil pencarian nilai tukar dolar di Google memang akan langsung menunjukkan hasil dengan angka Rp 16.002. Namun, data tersebut bukanlah data yang dapat dipertanggungjawabkan oleh otoritas resmi.

Dalam hasil penelusuran, disebutkan bahwa data Mata Uang disediakan oleh Morningstar, sedangkan data Mata Uang Kripto disediakan oleh Coinbase.

Dalam keterangannya, Google menjelaskan bahwa baik penyedia data maupun kontennya, bursa keuangan dan setiap afiliasinya serta mitra bisnisnya (A) melepaskan tanggung jawab hukum secara tersurat mengenai keakuratan, kecukupan, atau kelengkapan data apa pun, dan (B) tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, kelalaian, atau kecacatan lainnya dalam, keterlambatan atau gangguan data, atau tindakan apa pun yang dilakukan dalam pengandalan atas hal tersebut.

"Baik Google maupun penyedia informasi lainnya tidak akan bertanggung jawab atas kerugian terkait dengan informasi yang Anda gunakan yang tersedia di sini. Seperti yang digunakan di sini, "mitra bisnis" tidak mengacu ke agen, kemitraan, atau hubungan usaha bersama antara Google dan pihak terkait mana pun," tulis Google.

"Anda setuju untuk tidak menyalin, memodifikasi, memformat ulang, mengunduh, menyimpan, mereproduksi, memproses ulang, mengirim atau mendistribusi ulang data atau informasi apa pun yang ditemukan di sini atau menggunakan data atau informasi apa pun dalam perusahaan komersial tanpa memperoleh izin tertulis terlebih dahulu," jelas Google.

"Semua data dan informasi yang disediakan "apa adanya" bertujuan hanya untuk informasi pribadi, dan tidak dimaksudkan untuk tujuan perdagangan atau saran. Harap hubungi wakil pialang atau keuangan Anda untuk memverifikasi harga sebelum melakukan perdagangan apa pun," lanjutnya.

Dengan demikian, Google tidak dapat menjamin keakuratan nilai tukar yang ditampilkan. Anda harus mengonfirmasi nilai saat ini sebelum melakukan transaksi apa pun yang dapat terpengaruh oleh perubahan dalam nilai tukar.

Adapun nilai tukar dolar AS terhadap rupiah hari ini, mengutip data RTI per pukul 11.40 WIB adalah Rp 15.405. Sedangkan dari data perdagangan Reuters, siang ini nilai tukar dolar AS tercatat menguat 187 poin (1,2%) di level Rp 15.387.

Dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar dolar AS siang ini ada di level Rp 15.712.

Sumber: Detik.com

TerPopuler