Ingin Bangun Infrastruktur Tapi Dana Tak Cukup, Ini yang Dilakukan Gubri

Ingin Bangun Infrastruktur Tapi Dana Tak Cukup, Ini yang Dilakukan Gubri

Sabtu, 07 Maret 2020, 1:25 AM

Pekanbaru (PantauNews.co.id) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya mencari solusi dalam mengatasi persoalan infrastruktur seperti jalan dan jembatan yang saat ini masih banyak rusak.

Sebab untuk membenahi masalah infrastruktur di Riau ini tidak akan cukup hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau.

"Kami ingin melakukan pembangunan dan perbaikan insfratruktur tapi anggaran yang tersedia tidak cukup. Inilah menjadi tantangan bagi kami untuk mencari solusinya," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kepada CAKAPLAH.com, Jumat (06/03/2020).

Karena menurutnya, yang menjadi tantangan Riau saat ini, infrastruktur terutama jalan dan jembatan masih banyak yang belum bagus. Sementara anggaran tak cukup untuk menyelesaikan itu selama lima tahun.

Untuk itu, Syamsuar menyatakan perlu mencari cara lain untuk mencari peluang-peluang dana dari pemerintah pusat. Baik itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), melalui APBN serta melalui hal-hal lain seperti kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

"Jadi cara-cara seperti itu yang sedang kami usahakan saat ini. Meskipun APBD Riau mencapai Rp 10 triliun, tapi sempat terjadi penurunan mencapai Rp 1 triliun lebih. Dengan hal itu, kami takut sasaran dan target kerja kami tidak tercapai jika hanya mengandalkan APBD," tukasnya.

Sumber: Cakaplah.com

TerPopuler