Masker Mendadak Langka, Begini Cara Bikin Masker Sendiri

Masker Mendadak Langka, Begini Cara Bikin Masker Sendiri

Selasa, 03 Maret 2020, 8:47 PM

Jakarta (PantauNews.co.id) - Usai pemerintah mengumumkan dua warga Indonesia positif terjangkit virus corona, perlengkapan kebersihan seperti masker, cairan pembersih tangan, dan cairan antiseptik mendadak langka dan sulit dicari.

Tak perlu merasa panik atau khawatir karena ternyata kita bisa membuat masker sendiri di rumah. Dengan bantuan perlengkapan seperti tisu dapur, karet gelang, dan staples, kita bisa membuat masker sendiri yang praktis dan bermanfaat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat masker sendiri seperti disarikan dari akun Twitter @a_aprianz dan akun Instagram @denpasar.viral:

1. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Untuk membuat masker sendiri, kita membutuhkan tisu, karet, dan juga staples. Perlu diingat bahwa tisu yang digunakan adalah tisu dapur yang memiliki tekstur agak tebal dan kuat. Tisu dapur juga biasanya tidak berbau sehingga aman jika terhirup. Bisa juga mendobel tisu yang akan dipakai untuk berjaga-jaga supaya tidak sobek. Untuk karet bisa menggunakan karet gelang yang mudah ditemukan.

2. Lipat Tisu Jadi Beberapa Lipatan

Lipatlah tisu menjadi beberapa lipatan. Masker yang sering kita jumpai di apotek memiliki tekstur lipatan-lipatan yang simetris. Sehingga usahakan untuk membuat lipatan semirip mungkin dengan masker apotek. Namun, tak masalah jika tidak simetris.

3. Staples Tisu dengan Karet Gelang

Jika sudah dilipat-lipat, langkah selanjutnya adalah merekatkan karet gelang ke tisu menggunakan staples. Caranya lipat tisu yang lebar menjadi kecil dan memanjang lalu lingkarkan karet pada masing-masing ujung tisu. Terakhir, staples bagian tersebut. Masker sekarang sudah jadi dan bisa dipakai.

Sumber: Suara.com

TerPopuler