Sempat Senyap Sejumlah Balon Akibat Covid-19, Ujang Alwi Menyatakan Maju di Pilkada Dumai 2020

Sempat Senyap Sejumlah Balon Akibat Covid-19, Ujang Alwi Menyatakan Maju di Pilkada Dumai 2020

Rabu, 25 Maret 2020, 11:33 PM

Dumai (PantauNews.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk menunda sebagian tahapan Pilkada Serentak 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Ada tiga tahapan itu,  yakni pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan, hingga rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta pencocokan dan penelitian (coklit).

Informasi yang terangkum, pasca wabah Covid-19 yang membuat sebagian kalangan Bakal Calon Walikota dan Walikota Dumai 2021-2026 hampir tidak kelihatan riak-riak Pilkada 2020. Namun, pantauan dilapangan dan informasi bahwa ada sosok dari kalangan etnis Tionghoa asal Kota Dumai menyatakan maju di Pilkada Serentak 2020.

Politisi asal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Bujang Alwi Saputra, S.IP, M.Pd, ketika dikonfirmasi Rabu (25/03/2020) membenarkan bahwa dirinya siap untuk maju sebagai kontestan Pilkada Dumai 2020. Walaupun, pria ayah 4 anak yang biasa disapa Ujang Alwi tidak mengikuti prosesi pendaftaran dan penjaringan dibeberapa parpol, namun ia optimis parpol lebih selektif dalam memberikan dukungan.

Keinginan untuk maju di Pilkada Dumai 2020, Ujang Alwi sebut bahwa ini dirinya diminta beberapa kalangan khususnya tokoh tokoh Tionghoa Kota Dumai.

“Sebenarnya sudah lama, ketika saat dibukanya pendaftaran dan penjaringan Balon Wako dan Wawako Dumai 2021-2026, saya diminta untuk mendaftar,” ungkap Ujang Alwi.

Dinamika politik yang dinamis dan mencair, bagi pensiunan ASN Pemerintah Kota Dumai bahwa parpol akan memberikan dukungan yang memiliki peluang memenangkan kontestasi politik yang digelar 5 tahun sekali tersebut.

Pria 62 tahun yang aktif  diberbagai  organisasi kemasyarakatan dan juga pemerintahan, memiliki kemampuan untuk memimpin Kota Dumai. Ujang Alwi yang sudah tidak asing di Kota Dumai, baik kalangan etnis Tionghoa dan maupun masyarakat di Kota Dumai.

Walaupun sepak terjang didunia politik terbilang baru, Ujang Alwi mengawali dengan mengikuti perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) sebagai Calon Anggota DPRD Kota Dumai 2019-2024. Perolehan suara Ujang Alwi cukup signifikan pada Pileg 2019, walaupun parpol dimana dia bernaung belum diamanatkan untuk duduk sebagai Anggota DPRD Kota Dumai.

Pasca pensiun dari birokrasi Pemko Dumai, Ujang Alwi banyak dilirik untuk bergabung diparpol. Namun, Ujang Alwi memutuskan bergabung di DPC Partai Hanura Kota Dumai. 

Pemilih Tionghoa cukup tinggi di Kota Dumai, dan ini menjadi peluang bagi Ujang Alwi untuk mendapat dukungan maju di Pilkada Dumai 2020.

Salah satu tokoh Tionghoa Kota Dumai yang enggan namanya dipublikasikan mengungkapkan akan menggalang dukungan penuh apabila Ujang Alwi diamanatkan maju di Pilkada Dumai 2020.

“Jika perlu, saya kerahkan masyarakat Tionghoa 100% untuk memilih Bapak Ujang Alwi,” sebutnya.

Terkait komposisi yang dilirik, Ujang Alwi menjelaskan, bahwa semua terpulang kepada partai politik dan komunikasi politik sedang berjalan. Informasi, Ujang Alwi sudah dilirik salah satu Balon Wako Dumai untuk mendampingi sebagai Calon Wakil Walikota di Pilkada Dumai 2020.

Penulis: Aan Heru Saputra

Editor: Edriwan

TerPopuler