Berlakukan Jarak Jarak dan Kerumunan di Disdukcapil Dumai, Suardi: Tetap Tidak Mengurangi Pelayanan

Berlakukan Jarak Jarak dan Kerumunan di Disdukcapil Dumai, Suardi: Tetap Tidak Mengurangi Pelayanan

Sabtu, 04 April 2020, 12:31 AM


Dumai (PantauNews.co.id) - Wabah virus corona (Covid-19) yang menjadi perhatian pemerintah dan juga masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai memberlakukan jaga jarak bagi pengunjung yang ingin melakukan pengurusan di instansi yang beralamat di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur.

Kadisdukcapail Kota Dumai Suardi S.Sy, menghimbau agar bersama sama ikut turut serta bersama mensosialisasikanya bahayanya Covid-19 yang sangat meresahkan masyarakat dewasa ini, Jumat (03/03/2020) di ruangan kerjanya.

Lanjutnya, untuk mengikuti anjuran pemerintah pusat dalam menangani wabah yang begitu cepat merebaknya covid 19 dan untuk memutus mata rantai agar tidak merebaknya wabah. Pembatasan jumlah pengunjung masuk kedalam ruangan kantor Disdukcapil Kota Dumai, yang lazimnya hampir dipenuhi ini, Suardi optimis dapat maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Walaupun ada perubahan dalam pelayanan administrasi di Disdukcapil, tetapi tidak mengurangi pelayanan yang lazimnya kepada masyarakat,” ungkap Suardi.

Kadis dukcapil Kota Dumai juga menjelaskan, tetap seperti biasanya pelayanan kepada masyarakat dalam urusan khususnya dibidang administrasi kependudukan dan catatan sipil. Belum ada pembatasan masyarakat yang datang ke instansi yang dipimpinnya selama hampir enam tahun ini.

“Kita hanya membatasi pengunjung yang masuk kedalam ruangan, ini adalah salah satu cara memutuskan mata rantai virus corona. Kita tetap sediakan bangku tunggu bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi dan memberlakukan sistem antrian,” jelas Kadisdukcapil yang juga mencalonkan sebagai Balon Wawako Dumai 2021-2026.  

Sebelum wabah Covid-19 ini muncul dan edaran pemerintah terkait antisipasi pemutusan mata rantai virus corona, jumlah pengunjung di Disdukcapil Kota Dumai hampir dipenuhi masyarakat. Hal inilah menjadi perhatian pemerintah antisipasi penyebaran virus corona yang begitu dahsyat penularannya.   
“Pemberlakukan ini sudah hampir dua minggu sejak surat edaran Walikota Dumai dan juga pemerintah pusat dengan siaga darurat siaga Covid-19,” ucap Mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai.

Jelasnya lagi, masyarakat yang datang harus mengisi absensi dan disediakan tempat duduk diluar area parkir dan tetap menjaga jarak satu antara lain. Hanya diperbolehkan masuk 5 orang kedalam dan secara bergantian.

Pantauan, Disdukcapil juga menyediakan tempat dan cairan pencuci tangan serta air bersih untuk membasuh tangan dan dipastikan masyarakat yang masuk kedalam ruangan benar-benar steril  dengan wabah yang cepat penularannya tersebut.

“Semoga status darurut Covid-19 ini cepat berlalu dan pelayanan kepada lebih optimal lagi kepada masyarakat,” pungkas Suardi.

Penulis: Aan Heru Saputra

Editor: Edriwan

TerPopuler