Pemantapan dan Pembentukan PWO di Riau, Rizal Tanjung: Kita Buka Peluang Bagi Jurnalis yang Ingin Bergabung

Pemantapan dan Pembentukan PWO di Riau, Rizal Tanjung: Kita Buka Peluang Bagi Jurnalis yang Ingin Bergabung

Kamis, 09 April 2020, 4:43 AM

Pekanbaru (PantauNews.co.id) – Pemantapan pembentukan PWO (Perkumpulan Wartawan Online) Provinsi Riau, pengurus provinsi dan kabupaten/kota melakukan rapat bersama di Home Coffe Jalan Mangga, Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Rabu (08/04/2020).

Walau dalam kondisi hujan, semangat para pengurus menghadiri rapat pembentukan dan pemantapan tetap terus berlanjut. Rapat dihadiri belasan pengurus di provinsi Riau, serta calon pengurus kota/kabupaten yakni dari Kabupaten Kampar.

Rapat yang dipimpin Ketua PWO Provinsi Riau Rizal Tanjung, didampingi serta dibuka langsung oleh Ismail Sarlata selaku Sekretaris PWO Provinsi Riau. Rizal Tanjung berharap agar seluruh pengurus provinsi dan kabupaten/ kota se-Provinsi Riau dapat dilantik dalam waktu dekat serta mendukung penuh dan menjalankan program DPP PWOIN yakni Pra UKW.

”Dengan semangat dimiliki para jurnalis di Riau yang tergabung dalam kepengurusan provinsi dan Kabupaten/kota, diminta dalam waktu dekat harus sudah dilantik dan dikukuhkan. Tentunya, dengan persiapan yang matang serta dapat mendukung dan menjalankan program Pra UKW yang merupakan program utama DPP Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN),” ungkap Rizal Tanjung ditengah rapat pengurus PWO se-Provinsi Riau.

Bagi pengurus dan anggota PWO (Persatuan Wartawan Online) Provinsi Riau yang masuk dalam susunan kepengurusan, mari bersama-sama memajukan PWOIN di Riau dan bagi yang belum masuk dalam kepengurusan, maka PWO Provinsi tetap memberikan peluang bagi rekan-rekan jurnalis di Provinsi Riau untuk bergabung.

“Karena PWOIN merupakan organisasinya pers yang memiliki visi dan misi menjadikan insan pers bermartabat yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI ini,” imbuh Ketua PWO Riau.

“Bersama kita pasti bisa,bersatu kita kuat,” tambah Rizal Tanjung.

Usai memberikan kata sambutan, Ismail Sarlata Sekretaris PWO Riau, membacakan beberapa agenda rapat diantaranya, pemantapan susunan kepengurusan PWO Riau, pemasangan atribute bagi anggota berupa baju dan Kartu Tanda Keanggotaan (KTA) yang dikeluarkan oleh DPP.

Selanjutnya, pembetukan pengurus PWO tingkat Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, persiapan pengukuhan dan pelantikan yang akan dilaksanakan 4-6 bulan kedepan (jika kondisi negara sudah aman dari Covid-19), dukungan penuh dan menjalankan program utama DPP PWOIN.

Dari agenda rapat yang dibacakan, telah disepakati dan disetujui bersama seluruh pengurus provinsi dan kabupaten/ kota yang dihadiri dari Kabupaten Kampar.

”Para pengurus provinsi Riau yang sudah terbentuk dan para calon pengurus kabupaten/ kota yang sudah terbentuk maupun akan dibentuk, dalam waktu dekat sudah harus mempersiapkan diri untuk persiapan pelantikan dan pengukuhan. Insya Allah akan dilaksanakan 4-6 bulan kedepan, jika situasi negara sudah aman dari situasi Covid-19,” jelas Ismail Sarlata, Sekretaris PWO Riau.

Ismail Sarlata menambahkan, Keberadaan PWO di Riau, nantinya dapat mewujudkan apa yang telah diinginkan Ketua Umum DPP PWOINusantara Feri Rusdiono, menginginkan agar jurnalis yang tergabung di PWOIN adalah jurnalis yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan wajib hukumnya memiliki empat asas, diantaranya :

1. Asas moralitas, asas melindungi identitas anak yang menjadi korban asusila,
2. Asas tidak beritikad buruk, asas yang tidak boleh membuat pemberitaan terkait cabul dan sadis,
3. Asas menghormati kehidupan pribadi, kecuali untuk kepentingan umum,
4. Asas profesionalitas yang merupakan asas membuat pemberitaaan yang berimbang, akurasi dan mampu menguji kebenaran informasi yang diperolehnya, sehingga menghasilkan berita faktual dan jelas sumbernya, No Hoax.

Dalam rapat yang dilaksanakan, Ismail Sarlata meminta kepara seluruh pengurus untuk dapat memberikan masukan dalam menunjang cita-cita insan pers yang bermartabat melalui Perkumpulan Wartawan Online di Provinsi Riau.

“Perkumpulan Wartawan Online Riau memiliki program seminar terkait Undang-Undang ITE yang kerap menjadi senjata oknum yang memiliki kepentingan untuk menghancurkan kebebasan Pers,” jelas dan pinta Jaka Marhaen SH, Ketua Advokasi PWO Riau yang juga merupakan salah satu Advokad muda di Provinsi Riau.

Lanjutnya, selalu berujung kepada kriminalisasi terhadap insan pers yang kerap terjadi dimana-mana dan tentunya PWO Riau akan mengundang para pakar hukum pidana dan pakar-pakar lainnya sebagai ‘safety’ bagi rekan-rekan Jurnalis dari seminar yang akan dilaksanakan serta membuat program penyuluhan kepada pemerintah, masyarakat maupun elemen lainnya sebagai peran dan fungsi pers sesungguhnya.

”Tidak hanya itu saja, adanya program utama DPP PWOIN dalam melaksanakan Pra UKW, tidak hanya Pra UKW saja melainkan dapat ditindak lanjuti mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” ucap Anhar Rosal, Ketua PKK PWO Riau.

Sesungguhnya yang dilaksanakan oleh Dewan Pers (DP) maupun lembaga resmi yang ditunjuk oleh Dewan Pers pelaksanaan Pra UKW sebagai dasar modal awal bagi rekan-rekan pers di Riau untuk mengikuti UKW sesungguhnya, tentunya juga dapat melalui PWOIN sebagai wadah insan pers di Riau.

Dipengujung, Juli Indrawan Lubis selaku Wakil Ketua I, juga meminta diselah-sela persiapan pengukuhan dan pelantikan PWO se-Provinsi Riau, hendaknya dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial ditengah-tegah Covid-19, bencana non alam yang saat sedang menimpa masyarakat Indonesia pada umumnya.

Segala masukan yang diberikan dari para pengurus PWO Riau, maupun kota/ kabupaten yang hadir, telah disetujui dan sepakati bersama serta dituangkan didalam hasil rapat (notulen).

Selanjutnya, dapat disampaikan kepada Pengurus DPP hasil rapat yang dilaksanakan dan telah disepakati dapat diketahui dan didukung penuh oleh DPP PWOINusantara.

Sekretaris PWO Riau Ismail Sarlata dalam sesi penutupan rapat, berpesan meminta dukungan bersama dalam memajukan PWOIN di Provinsi Riau dengan menjadikan PWOIN di Riau menjadi organisasi garda terdepan dan dapat menjadi barometer.

“Semoga PWOIN menjadi garda terdepan dan barometer dan bahkan organisasi pers nomor satu se-Nusantara,” ucap Ketum DPP PWOIN Feri Rusdiono melalui pesannya yang disampaikan kepada Rizal Tanjung Ketua dan Sekretaris PWO Riau via WhatsApp Pribadinya.

Sumber : Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Riau

Editor: Edriwan

TerPopuler