• Home
  • Opini
  • Riau
    • Meranti
    • Kuansing
    • Inhil
    • Inhu
    • Rohil
    • Rohul
    • Dumai
    • Bengkalis
    • Siak
    • Pelalawan
    • Kampar
    • Pekanbaru
  • Olahraga
  • Nasional
  • Politik
  • Edukasi
  • Ekonomi
  • Otomotif
  • Sumatera
  • Hukrim
  • More
    • Kesehatan
    • Internasional
    • Video
    • News
    • Pilihan Editor
    • Terpopuler
    • Galeri
    • Indeks
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Kontak Kami
Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar
  • #Pilihan
  • #Terpopuler
  • #Advertorial
  • #Galeri
  • Indeks
PILIHAN
Ketua KNPI Riau Sebut Permasalahan ini Murni Tanggung Jawab Sang Istri
30 Maret 2023
Apa Benar Semua Mobil Dinas di Plat Hitamkan? Begini Tanggapan YARA Subulussalam
29 Maret 2023
Asap Pekat Hitam Keluar dari Cerobong Pabrik PT MSSP Bangsal Aceh, Investigasi DPK ALUN Dumai Dugaan Adanya Pembiaran
28 Maret 2023
Bersama Wakil Walikota, BPOM Loka Aceh Selatan Lakukan Pengawasan Pangan di Subulussalam
28 Maret 2023
Dr Dede Farhan Gelar Bimtek Teknik Pemetaan Lumbung Suara dalam Pemasaran Politik
28 Maret 2023

  • Home
  • Opini

STRATEGI || KUALITAS JASA DAN KEPUASAN PELANGGAN

PantauNews

Sabtu, 10 September 2022 10:40:28 WIB
Cetak

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Keberhasilan dalam memberikan kualialitas pelayanan dalam bisnis sektor jasa menjadi titik perhatian manajamen perusahaan yg bergerak dibidang pelayanan jasa, seperti perbankan, perhotelan, bisnis travel, untuk itu diperlukan upaya agar pelanggan merasa puas atas jasa yang  diberikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan manajemen perusahaan adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas melalui penerapan peningkatan strategi kualitas jasa, sebagaimana yang dikatakan Parasurahman dan Zeithaml yang dikutip Suparyanto dan Rosad dalam buku manajemen Pemasaran (2015) mengatakan ada 10 strategi meningkatkan kualitas pelayanan jasa,yaitu 1).Mendengarkan, 2).Keandalan, 3).Layanan dasar, 4).Desain Jasa, 5).Pemulihan, 6).Memberikan kejutan pada pelanggan, 7).Berlaku adil, 8).Kerja team, 9).Riset Karyawan, dan 10).Kepemimpinan yang melayani. 

Dari kesepuluh strategi tersebut  rasanya kepemimpinan yang yang melayani biasanya menjadi tuntutan bagi pihak perusahaan, yakni pimpinan yang dapat menjadi sumber motivator utama yang turut meninspirasi seluruh bagian yang ada diperusahaan, semua berkaitan  dengan gaya kepemimpinan. 
Pentingan memberikan kepuasan kepada pelanggan  tidak terlepas dari persaingan yang semakin ketat saat ini, memberikan pelayanan yang berkualitas nantinya jelas akan berkaitan dengan eksistensi perusahaan itu sendiri ditengah masyarakat. Mengapa kepuasan pelanggan penting ini sebagaimana dikatakan Kotler yang dikutip Rangkuti (2002) dalam buku Measuring Customer Satisfaction mengatakan " Kepuasan pelanggan perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil  dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan yang diharapkannya"

Dengan demikian untuk mempertahankan pelanggan menjaga kualitas jasa yang diberikan benar-benar dapat memuakan pelanggan  dengan tujuan agar pelanggan tidak mencari pada pihak lain, disamping itu pula standar pelayanan yang sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam promosi melalui berbagai yang telah dilakukan. Sebab bisnis jasa berkaitan erat dengan bisnis kepercayaan....


[Ikuti PantauNews.co.id Melalui Sosial Media]


PantauNews.co.id

Tulis Komentar


Berita Lainnya

SEMANGAT || TETAP OPTIMIS

Pileg 2024 Mendatang, Ajang Kontestasi Politik Paling Berat Rebut Hati Rakyat

Mewabahnya Virus Covid-19 Diseluruh Negara, Dampaknya Pada Sektor Perekonomian

HUT || RRI

Konsep Perspektif Ekonomi Politik Terhadap Dampak Kenaikan Harga Pertamax

Syamsuar Selamatkan 'Nyawa Nelayan' Kecil

Kasus yang Menjerat Walikota Dumai, "Cukuplah Pak Zul AS Pertama dan Terakhir"

Akankah Naiknya Harga Pertamax Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi dan Politik?

Mungkinkah Golkar Riau Musdalub Pasca Kalah Pilkada 2020? Ini Kata Pengamat

NIKMATNYA || SECANGKIR KOPI

Penyegaran Ahli Pers Dewan Pers

11 Calon TKI Ilegal Diamankan Koramil 01/Dumai Dan BP2MI

Terkini +INDEKS

Ketua KNPI Riau Sebut Permasalahan ini Murni Tanggung Jawab Sang Istri

30 Maret 2023
Apa Benar Semua Mobil Dinas di Plat Hitamkan? Begini Tanggapan YARA Subulussalam
29 Maret 2023
Asap Pekat Hitam Keluar dari Cerobong Pabrik PT MSSP Bangsal Aceh, Investigasi DPK ALUN Dumai Dugaan Adanya Pembiaran
28 Maret 2023
Bersama Wakil Walikota, BPOM Loka Aceh Selatan Lakukan Pengawasan Pangan di Subulussalam
28 Maret 2023
Masuki Bulan Suci Ramadhan, BDI PT KPI RU Dumai Gelar Pesantren Ramadhan Untuk Pekerja
28 Maret 2023
Dr Dede Farhan Gelar Bimtek Teknik Pemetaan Lumbung Suara dalam Pemasaran Politik
28 Maret 2023
Ketua ALUN Dumai: Gas Buang Cukup Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia
28 Maret 2023
KNPI Riau Resmi Buat Laporan Sekdaprov SF Haryanto ke Polisi
28 Maret 2023
Pasca Direnovasi, Lapangan Beringin Diduga Sarat dengan Masalah
27 Maret 2023
Honor Perangkat Desa se-Kota Subulussalam Akan Dibayar
27 Maret 2023

Terpopuler +INDEKS

Pasca Direnovasi, Lapangan Beringin Diduga Sarat dengan Masalah

Dibaca : 507 Kali
Honor Perangkat Desa se-Kota Subulussalam Akan Dibayar
Dibaca : 342 Kali
'Endus' Adanya Penampungan Besar Hasil Pembalakan Liar di Pinggiran Kota Dumai, Berikut Penyataan DPK ALUN
Dibaca : 230 Kali
Tarawih Pertama, Wawako Subulussalam Isi Ceramah di Masjid Agung
Dibaca : 275 Kali
Abpednas Peduli Imam Kampong, Ringan Berutu: Walikota Subulussalam PHP
Dibaca : 661 Kali
Ikuti kami di:
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Kontak Kami
PantauNews.co.id ©2020 | All Right Reserved