Jelang Memasuki Pesta Demokrasi 2024 Mendatang,
Dr Dede Farhan Gelar Bimtek Teknik Pemetaan Lumbung Suara dalam Pemasaran Politik
BANDUNG, PANTAUNEWS.CO.ID - Sebentar lagi pesta demokrasi tahun 2024 akan segera digelar. Artinya waktu yang diperlukan untuk mengenalkan dan membangun citra diri dengan berbagai produk politiknya semakin sempit.
Oleh karenanya, Dr. Ir Dede Farhan Aulawi, MM, CHT menyampaikan bahwa para kandidat yang akan ikut berkompetisi baik di eksekutif maupun legislatif perlu menguasai ilmu 'Manajemen Pemasaran Politik', khususnya 'Teknik Pemetaan Lumbung Suara', agar meraih keberhasilan politik dalam mendulang suara pemilih.
"Kandidat senior dan junior akan berkompetisi dalam satu kontestasi yang sama, sehingga merumuskan strategi pemenangan yang jitu, sederhana dan murah menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dipahami," kata Dede Farhan Aulawi yang juga merupakan Praktisi SDM disalah satu BUMN ini menjelaskan.
Untuk meraihnya, kata Dede Farhan Aulawi yang merupakan seorang akademisi ini bahwa tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang tinggi, tetapi cukup dengan mengikuti bimtek ini.
"Maka seluruh kandidat bisa mendesain pemasaran politik yang praktis dengan dana yang minim. Semoga Bimtek ini bisa bermanfaat untuk melahirkan para kandidat pemimpin yang berkualitas, cerdas dan berintegritas," terangnya seraya menjabarkan saat menggelar Bimtek Pusdiklat PRAWITA GENPPARI.
Kegiatan yang digelar dua hari dijelaskan, bahwa Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang praktis terkait pemasaran politik, khususnya pemetaan lumbung suara di dapilnya masing-masing.
"Para kandidat juga dibuka kesempatan praktek langsung dalam pemetaan dan penggalangan politik berbasis komunitas," tukas pria bergelar Doktor ini menyampaikan.
Berikut subjek pembahasan ini, kata Dede Farhan Aulawi bahwa meliputi pemahaman political marketing, konsep pemasaran produk politik tepat sasaran, orientasi pasar pemilih.
Selanjutnya, customer focus (karakter pemilih), pemetaan lumbung suara dan strategi penetrasi, desain perencanaan dan eksekusi program, monitoring kecenderungan pemilih.
Terakhir, strategi pemasaran politik komprehensif, strategi membangun produk politik, personal political branding dan product development dan political branding. (*)
Berita Lainnya
Beredar 'Rekom' Golkar 5 Balon Kepala Daerah di Riau, Syarifah Dampingi Eko Suharjo di Pilkada Dumai
Hendri Sandra-Paisal 'Rebutan Perahu', Samsul Bahri: 1 dari 2 Paslon Sudah Diberikan Tugas DPP
Ketua Fraksi PKB Kota Tangerang Tanggapi Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Masyarakat
Syamsyu Rahim Jalin Silaturahmi Dengan DPW PKB Sumbar
Jimly Asshiddiqie Mengungkap Sumber Dana Jimly School of Law and Government
Rakorda Nasdem Kota Dumai Resmi Digelar, Paisal : Saya Dipanggil Prananda Kepusat
Ketua KPU Kota Tangerang: Peran Serta Masyarakat Sangat Diperlukan Dalam Menyukseskan Pemilu 2024
Mendagri: Dana Pilkada 2020 Segera Dituntaskan
Moeldoko Anggap Isu Akan 'Kudeta' Demokrat Dagelan
Anugrahkan Penghargaan Untuk 35 Senior Partai Demokrat, Disaksikan Puluhan Ribu Kader
Sesudah 5 SK DPP Dikeluarkan, NasDem Riau Kembali Serahkan 4 Daerah
Pertemuan Anies dengan Koalisi Perubahan Bahas Harapan Rakyat, Tegaskan Cawapres Dari Internal Koalisi