Karang Taruna Jaya Mukti Aktifkan Kembali Bank Sampah

Ahad, 14 Juni 2020

Dumai, PantauNews.co.id - Limbah organik dan limbah non organik tanpa kita sadari teryata masih bisa dimanfaatkan atau di kelola, contohnya limbah organik seperti sampah daun, potongan sayuran, kulit buah serta sisa makanan dan lain sebagainya dapat diolah dan diproses melalui pembusukan dengan dicampur tanah maka akan menghasilkan pupuk yang di sebut kompos.

Sedangkan sampah non organik seperti sampah plastik, kertas, kaleng dan jenis lainnya dapat didaur ulang lagi menjadi perlenkapan harian seperti ember, pot bunga, hanger dan yang lain lain.

Bank Sampah yang berdiri tahun 2018 lalu merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina RU II Dumai yang diperbantukan kepada Kecamatan Dumai Timur tepatnya terletak di Kelurahan Jaya Mukti.

Pada tahun 2019, Bank Sampah tersebut sempat dikelola oleh masyarakat Kecamatan Dumai Timur yang dibantu oleh mahasiswa Universitas Riau, Pekanbaru. Sempat vakum sementara karena pengelola masih harus melanjutkan kuliah.

Berangkat dari kondisi tersebut, Karang Taruna Kelurahan Jaya mukti yang diketuai oleh Dedek Fernanda mengaktifkan kembali pengelolaan Bank Sampah tersebut, langkah awal dimulai dengan membersihkan tempat tersebut. Pengaktifan tersebut dilakukan setelah pengelolaannya diserahkan oleh Ketua LMPK Jaya Mukti Supriadi kepada Dedek Fernanda selaku Ketua Karang Taruna Jaya Mukti dengan didampingi oleh Ketua RT 016 Suyatno, Minggu (14/6/2020).

"Insya Allah kedepannya Karang Taruna Jaya Mukti akan mengaktifkan serta mengolah sampah dengan baik dan maksimal agar sampah yang berada di Kelurahan Jaya Mukti tidak lagi berserakan dimana-mana," ujar Dedek kepada pantaunews.co.id.

Untuk itu lanjut Dedek ada kerjasama yang baik kepada masyarakat maupun Dinas Kebersihan Lingkungan agar saling sinergi serta tanggap dan peduli terhadap lingkungan terutama berhubungan dengan sampah.

Karang Taruna Jaya Mukti sangat merakyat dalam segala kegiatan untuk membantu masyarakat, terutama saat membantu masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 dengan memberikan bantuan sembako untuk masyarakat dan juga anak yatim piatu serta kaum duafa.

"Untuk ini, kami selaku Karang Taruna akan menghimbau atau mengajak masyarakat khususnya untuk bisa mengantar sampahnya agar dapat ditanggulangi dan dimanfaatkan khususnya di lingkungan Jaya Mukti agar menjadi contoh di tempat lainnya", tutup Dedek. (*)

Penulis: Erwin Komeng