Diumumkan DPP Demokrat, Paket Eko Suharjo - Delyuzar Syamsi Berlayar di Pilkada Dumai

Senin, 27 Juli 2020

Dumai, PantauNews.co.id – Peta politik menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020, dari 9 Kabupaten/ Kota yang mengikuti perhelatan politik yang digelar 5 tahun sekali ini, khususnya Kota Dumai cukup sulit ditebak.

Seperti dilansir dari media Kumparan.com, berdasarkan keterangan dari Bappilu Demokrat, sejumlah kader sudah dirampungkan maju di pilkada beberapa daerah. Tentu saja, perampungan tersebut hasil dari koalisi dengan beberapa partai selain PDIP.

“Sekalipun dinamika politik pusat dan daerah tak selalu beriring, di mana terbangun koalisi antara partai-partai yang tergabung di koalisi pemerintah dengan partai di luar pemerintah dalam mengusung kontestannya, namun banyak juga daerah yang selaras dengan relasi antar parpol di pusat,” kata Sekretaris Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani, Sabtu (25/7/2020).

Tak habis di situ saja, ia lantas menegaskan target kemenangan mereka ke depan berkisar 70 persen.

“Dari seluruh daerah pilkada di atas, Partai Demokrat optimis dapat memenangkan minimal 70 persen,” ujarnya.

Diketahui, DPP Demokrat telah mengusung kader mereka maju di 16 Pilkada Serentak 2020. Dari 16 Kabupaten/ Kota se- Indonesia, Kota Dumai termasuk yang telah mendapat dukungan untuk maju di Pilkada Serentak 2020.

Didalam pengumuman, Eko Suharjo disebutkan berpasangan dengan kalangan profesional Delyuzar Syamsi dengan dua dukungan partai politik yakni Demokrat dan Golkar. Eko Suharjo dinilai cukup piawai, selama ini tidak ingin berkoar terkait pencalonannya di Pilkada Dumai 2020 dan termasuk siapa pendampingnya.

Jadwal pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai di KPU yang tinggal hitungan hari ini, diprediksi akan mengalami perubahan peta politik yang signifikan. Ketua Fraksi Golkar DPRD Dumai Syarifah, yang digadang-gadangkan mendampingi Eko Suharjo tersingkir.

Ketika dikonfirmsi Ketua DPD Golkar Dumai Timo Kipda, Minggu (26/7/2020), belum dapat dimintai keterangan terkait arah dukungan partai berlambang beringin ini di Pilkada Dumai 2020.

Julukan ‘Sang Perantau Anak Pasar Senggol’ ini sempat menghilang diperbincangan seputar Pilkada Dumai. Nama Delyuzar Syamsi, diakui masuk bursa bakal calon wakil walikota Demokrat Dumai. Sebagai balon yang berasal bukan dari kader partai politik, pria yang akrab disapa ‘Bang Del’ sempat kewalahan bersaing dengan kader yang juga sama-sama mengikuti prosesi penjaringan di Pilkada Dumai 2020.

Bang Del yang sempat insten berkomunikasi dengan masyarakat Dumai, pernah menyampaikan ingin mendedikasikan dirinya di Kota Dumai. Visi dan Misinya di Pilkada Dumai 2020 yang sempat populer dengan tagline ‘Dumai Berbenah’, akan terwujud jika terpilih sebagai pemenang pada kontestasi politik yang digelar 5 tahunan ini.

Awak media yang sempat berkomunikasi dengan Bang Del, Senin (13/7/2020) lalu, mencoba meminta keterangan terkait pencalonannya di Pilkada Dumai 2020. Namun, pria yang berlatar belakang seorang ekonom dan pengajar disalah satu kampus di Jakarta ini sisebut-sebut namanya tidak ingin berkomentar lebih banyak.

“Alhamdulillah kabar baik. Demokrat Memanggil apa Eko yang memanggil,” ungkapnya dengan santai.