Ketua KADIN Dumai: Tol Pekanbaru-Dumai Mendorong Pemulihan Ekonomi

Kamis, 16 Juli 2020

Dumai, PantauNews.co.id - Jek Hermanto sebagai Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Dumai mengharapkan dengan di bukanya nanti Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dapat mendorong pemulihan Ekonomi Nasional khususnya Provinsi Riau, Kamis (16/07/2020) menyampaikan.

“Selesainya Tol Pekan Baru-Dumai diharapkan mendorong pemulihan melalui sejumlah langkah nyata dan strategis yang di lakukan Pemerintah Pusat dan Daerah. Difokuskan pada upaya penyelamatan dan pemulihan usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpukul akibat Pandemi Covid-19 sehingga Ekonomi Indonesia kembali bangkit”. ungkap Jek.

“UMKM sekarang ada slowdown dan ada yang shutdown salah satunya penyebabnya karena interaksi masyarakat berkurang. Sehingga aktivitas Ekonomi berkurang dan semua menjadi menurun, daya beli menurun, untuk mengembalikan daya tahan Ekonomi pelaku UMKM, kembali ke konsumsi dasar. Meski kita tidak tahu kapan krisis ini berakhir, jangan sampai kita kekurangan pangan. Kita berharap UMKM dapat bangkit melalui program dari kebijakan Pemerintah dan Swasta dalam memberikan bantuan pinjaman yang hari ini sudah di umumkan, baik dari sektor perbankkan maupun bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR)”. papar Ketua Kadin versi Eddy Ganepo.

Langkah restrukturisasi kredit menjadi salah satu upaya nyata Bank BRI terhadap penyelamatan UMKM yang terkena dampak Pandemi Covid-19. Hal ini sebagai tindak lanjut POJK Nomor 11/2020, sejak 16 Maret hingga 6 Juli 2020, Bank BRI telah merestrukturisasi kredit pelaku usaha yang terdampak wabah korona sebanyak 2,88 juta debitur dengan total Kredit yang direstrukturisasi mencapai mencapai Rp177,304 triliun.

Pada 24 Juni 2020 pemerintah, melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani, telah menempatkan dana Rp 30 triliun pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Bank BRI mendapatkan penempatan Rp10 triliun. Sejak 25 Juni hingga 15 Juli 2020, Bank BRI berhasil menyalurkan kredit dalam rangka penempatan dana Pemerintah sekitar Rp13,59 triliun dengan jumlah Debitur penerima 295.617 pelaku UMKM.

Kebijakan Restrukturisasi (kredit) ini membantu dunia usaha sekaligus membantu sektor keuangan, cakupan kebijakan Pemerintah sudah luas. Perlu adanya sinergi, bahu membahu menjaga dunia usaha dan sektor keuangan, sinergi antar Lembaga mutlak diperlukan. Dengan dibukanya nanti Jalan Tol Pekanbaru-Dumai setidaknya Masyarakat bisa melihat peluang usaha yang ingin di capai, karena dengan jarak waktu yang semakin singkat antar Dumai-Pekan Baru.(***)