Disorot karena Pakai Heli BNPB, Eet: Saya kan Ketua DPRD Riau, Pakai Heli untuk Cek Karhutla

Senin, 24 Agustus 2020

Pekanbaru, PantauNews.co.id - Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet mengatakan bahwa helikopter yang ia tumpangi ke Bengkalis adalah dalam kapasitas dirinya sebagai ketua DPRD Riau dalam meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bengkalis, bukan dalam kapasitas dirinya sebagai petinggi Partai Golkar Riau.

"Jadi begini, kan yang memakai helikopter itu kan ramai, semua orang boleh pakai heli. Saya kan ketua DPRD Riau, pakai heli dalam rangka mengecek kebakaran hutan dan lahan. Pakai surat resmi ke BNPB. Ingin melihat kebakaran hutan dan lahan di Riau, salah satunya di Dapil saya, wajarlah," kata Eet saat ditemui wartawan di gedung DPRD Riau, Senin (24/8/2020).

Eet menambahkan, bahwa salah jika hal tersebut dikatakan bahwa ia dalam kapasitas pimpinan partai saat menggunakan helikopter BNPB ke Bengkalis tersebut.

"Itu salah. Saya pergi murni kapasitas ketua DPRD. Nanti saya buat pres rilisnya, bahwa saya memakai heli tersebut dalam meninjau kebakaran hutan dan lahan. Kebetulan saya disambut masyarakat yang menggunakan salah satu atribut partai, ya saya ini kan, dan semua anggota DPRD ini kan pengurus partai semua," cakapnya lagi.

Ia menambahkan bahwa dirinya menaiki helikopter tersebut tanpa menggunakan atribut partai.

"Ini murni dalam rangka kunjungan kerja dan meminjau karhutla di Siak kecil, Bukit Batu, Bandar Laksamana, termasuk Dumai, dan lewat kabupaten Siak. Saya merencanakan, mengirim surat resmi ke BNPB,"

"Saya akan buat press rilis membuat laporan ke Pemprov dan BNPB, bahwa pemakaian saya itu lengkap itu, berapa titik tinjauannya, pilotnya tahu titik koordinatnya," tukasnya.

Sebelumnya, sebuah video ketua DPRD Riau yang juga Sekretaris DPD I Golkar Riau, Indra Gunawan Eet menggunakan helikopter bermerek BNPB saat mendarat di pulau Bengkalis viral di media sosial.

Hal ini menjadi sorotan banyak pihak, karena Eet tidak sendiri menaiki heli tersebut. Ada Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Riau, Taufiq Erman bersamanya dan saat turun mereka disambut sejumlah massa berseragam AMPG.

Sementara ituKetua BNPB Pusat Dony Monardo mengatakan pihaknya akan menurunkan tim Inspektorat BNPB ke Riau untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

"Tim Inspektorat BNPB akan ke lapangan," kata Dony Monardo.***