Lagi-lagi, Kecelakaan Akibat Pohon Tumbang Tepi Jalan Raya, Pemko Dumai Kurang Tanggap

Rabu, 26 Agustus 2020

Dumai, PantauNews.co.id – Pohon yang tumbuh ditepi jalan raya sepanjang Kota Dumai, rawan tumbang karena tidak dipangkas-pangkas oleh pemerintah daerah. Barusan tadi, Rabu sore (26/08/2020), sekitar pukul 16.30 Wib, pohon yang sudah pantas ditumbangkan ini menimpa satu pengendara sepeda motor saat melintas.

Kejadian di Jalan Raya Bukit Datuk, saat itu angin sangat kencang disertai hujan lebat, seorang pengendara tertimpa ranting pohon yang rubuh, hingga harus dilarikan warga setempat ke rumah sakit.

Selain pohon yang tumbang, pantauan sejumlah tenda kios dan gerobak pedagang dipinggir jalan pun ikut beterbangan. Tampak pengguna jalan, harus putar arah untuk menghindari jalan yang tertutup akibat pohon tumbang tersebut.

Lokasi tepatnya berdekatan didepan Komplek Beringin Patra, Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, informasi yang terangkum sudah pernah dua kali kejadian yang sama. Akibat pohon tumbang, tampak pagar yang dibuat PT Pertamina ini rusak parah.

Salah satu masyarakat yang ikut menyaksikan kerjadian, Asman Koto mengungkapkan, ini merupakan kelalaian pemerintah Kota Dumai. Lanjutnya, hal ini sudah sering terjadi dan bahkan hampir sepanjang ruas jalan di Kota Dumai dengan rawannya pohon yang selayaknya dipangkas.

“Kayaknya Pemko Dumai tidak tanggap, apa tunggu ada korban jiwa dan baru dikerjakan,” kata Asman Koto yang juga Ketua LPMK Bukit Batrem.   

Pantauan dilapangan, ratusan dan bahkan ribuan pohon –pohon yang tumbuh ditepi jalan raya rawan tumbang dan kecelakaan. Tampak, ada pohon yang umurnya sudah pantas ditumbangkan, namun terkesan dibiarkan. Selanjutnya, pepohonan yang tumbuh subur ditepi jalan ini juga tampak tak pernah dipangkas-pangkas.

“Apa Pemko Dumai tidak punya anggaran untuk memangkas pohon dan menumbangkan pohon yang memang layak harus ditumbangkan,” ucapnya lagi.

Tambah Asman, ancaman tak sebatas itu, sejumlah ruas jalan dengan pohon besar di kanan kirinya juga kerap mengancam karena rantingnya berjatuhan.      

“Sebelumnya juga sudah pernah kejadian di Jalan Raya Soekarno – Hatta, satu unit mobil amblas tertimpa pohon akibat hujan yang disertai angin kencang,” pungkasnya.

Penulis: Aan Heru Saputra