Mulai 1 September Petugas Datangi Rumah untuk Sensus

Senin, 31 Agustus 2020

Pekanbaru, PantauNews.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mengikuti acara kick off sensus penduduk Indonesia, Senin (31/8/2020) yang digelar secara daring.

Ketua BPS Provinsi Riau, Misfarudin, mengatakan kick off tersebut digelar secara nasional. Dimana pada bulan September jajaran BPS se Indonesia bakal melakukan kegiatan sensus penduduk.

Dia menekankan kegiatan sensus penduduk sangat penting bagi semua pihak, bukan sebatas BPS.

"Secara nasional dilakukan kick off sensus penduduk untuk pelaksanaan di bulan September. Dilakukan oleh seluruh pegawai BPS dan petugas sensus," kata Misfarudin Senin (31/8/2020).

Misfarudin menambahkan, sebelum melakukan sensus penduduk dengan turun ke lapangan, BPS telah melakukan pendataan penduduk via online. Dari hasil pendataan tersebut baru terdata 1,8 juta penduduk.

"Sisanya perlu kita datangi. Nanti ada daerah yang kerjanya sebatas verifikasi penduduk, seperti kota Pekanbaru. Ada juga daerah yang perlu kita data keseluruhannya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski yang hadir pada acara tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama mensukseskan Sensus Penduduk September (SP) 2020.

"Kami instruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk jajaran instansi vertikal beserta seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk mendukung sepenuhnya dalam menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk September 2020," kata Riski.

Riski mengatakan penting untuk disampaikan bahwa dengan memahami betapa strategisnya manfaat data kependudukan hasil dari SP 2020 ini, sudah menjadi keharusan bagi seluruh elemen masyarakat utuk mendukung pelaksanaan hajatan besar bangsa itu.

Sebab, menurut Riski, kunci utama kesuksesan SP September 2020 adalah partisipasi dari seluruh elemen masyarakat.

"Kita ajak seluruh masyarakat supaya menerima petugas SP September 2020 untuk melakukan pendataan ke rumah-rumah," tutupnya.***