Peringatan HUT RI ke-75, Nihil Bebas dan 390 Warga Binaan Rutan Dumai Terima Remisi

Selasa, 18 Agustus 2020

Foto: Antara

Dumai, PantauNews.co.id – Sebanyak 390 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai yang memenuhi syarat ke Menkumham RI, mendapatkan Remisi Umum di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75.

Penyerahan dokumen remisi ini diwakili dua warga binaan langsung dilakukan secara virtual di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung usai pelaksanaan Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dipimpin langsung Walikota Dumai H. Zulkifli AS, didampingi Wakil Walikota Eko Suharjo, Kepala Rutan Dumai Panca Daniel Panjaitan, dan sejumlah pejabat daerah lain.

Walikota Dumai Zulkifli AS mengatakan, bahwa dimanapun berada semangat kemerdekaan harus tetap dimiliki seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali.

Kepala Rutan Kelas II B Dumai melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Dumai, Erika Putra Ginting, menjelaskan dari 391 warga binaan sebelumnya diusulkan untuk mendapat remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 75, remisinya bervariasi.

“Ada 390 warga binaan Rutan Dumai yang diusulkan mendapatkan remisi umum,” kata Erika Putra Ginting, Senin (17/8/2020).

Ditambahkan Erika, warga binaan yang diberikan remisi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan dengan rincian 1 bulan remisi sebanyak 87 orang, remisi 2 bulan ada 94 orang dan untuk remisi 3 bulan remisi ada 66 orang. Selanjutnya, penerima remisi 4 bulan ada 29 orang, 5 bulan remisi ada 113 orang. Terakhir, untuk penerima remisi 6 bulan ada 1 orang.

Erika juga menuturkan, bahwa jumlah warga binaan saat ini berjumlah 952 orang dan tidak satupun warga binaan dapat remisi bebas. Hal ini disebabkan sebagian warga binaan dalam proses Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) di Rutan Dumai.

Zul As usai penyerahan remisi kepada perwakilan napi mengatakan, agar warga binaan yang dalam waktu dekat akan bebas, bisa kembali ke masyarakat.

“Bagi yang menjalani agar melaksanakan dengan baik selama menjalani hukuman di Rutan,” kata Wako Dumai.

Penulis: Edriwan