Samsul Bahri Di Non Aktifkan, PPP Riau: Ditunjuk Pucuk Pimpinan Sementara Dumai

Senin, 03 Agustus 2020

Dumai, PantauNews.co.id – Kedatangan rombongan Bakal Calon Walikota dan Walikota Dumai Paisal – Amris ke Sekeretariat DPC PPP Kota Dumai pada tanggal 4 Juli 2020 lalu, sempat disesalkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau, Husaimi Hamidi.

Informasi yang terangkum, adanya sanksi kepada Ketua DPC PPP Dumai Samsul Bahri, terkait dugaan adanya deklarasi dilakukan salah satu pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai. Padahal, DPP PPP memberikan rekomendasi dua Balon Wako dan Wawako Dumai.

Terdengar kabar adanya penonaktifan jabatan Samsul Bahri sebagai Ketua DPC PPP Dumai sudah mulai berembus. Ternyata sanksi yang pernah dilontarkan Ketua Bappilu DPW PPP Husaimi Hamidi tidak main-main.

Kabar yang sudah sampai di tingkat DPP, terkait adanya deklarasi yang dilaksanakan di Markas PPP Dumai, namun DPC PPP Dumai tetap bersikeras deklarasi yang mereka lakukan tidak menyalahi apapun.

Ketua DPC PPP Dumai H. Samsul Bahri, SH menanggapi bahwa penandatangan nota kesepahaman tersebut belum ditandatangi dan ada kekeliruan pemahaman. DPC PPP Dumai tidak pernah mengundang pasangan bakal calon.

“Ini hanya sebatas silahturahmi dan belum ada penandatangan antara kedua belah pihak, yakni PPP dan NasDem. Ini hanya persiapan menjelang deklarasi dan finalisasi yang telah dikeluarkan oleh DPP pada tanggal 17 Juli 2020,” sebut Samsul Bahri (5/7/2020) lalu.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPW PPP Riau Tengku Nazlah Khairati, Minggu (3/8/2020), bahwa ada pencopotan jabatan Ketua DPC PPP Dumai dan telah ditunjuk penggantinya sementara.

“Untuk sementara telah ditunjuk pengganti Ketua DPC Dumai oleh Bapak Jabarullah sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Lebih lanjut, dapat konfirmasi langsung dengan beliau,” kata Sekretaris DPW PPP Riau Tengku Nazlah Khairati.

Belum diketahui sampai saat ini, alasan yang fatal dilakukan oleh Samsul Bahri yang notabene adalah kader militan di PPP Dumai. Samsul Bahri yang telah lama berkecimpung di partai berlambang ka’bah ini terdepak dari posisi penting di DPC PPP Dumai.

Informasi dari sumber internal yang tidak ingin disebutkan namanya, juga menyebutkan bahwa sudah keluar surat pencopotan Samsul Bahri sebagai Ketua DPC PPP Dumai dari DPP. Otomatis menjelang Pilkada Dumai 2020, Samsul Bahri akan kehilangan kekuasaan dan tidak dapat ikut campur di partai yang pernah dibesarkannya. ***