Bank Aceh Syariah Bireuen Gelar Talkshow UMKM Ditengah Pandemi Covid-19

Kamis, 10 September 2020

Bireuen, PantauNews.co.id - Ditengah pandemi Covid-19, setiap masyarakat sangat gelisah disebabkan semua aktivitas kinerja memiliki keterbatasan, sementara kebutuhan sehari-hari tidak perduli dengan apa saja yang sedang terjadi.

Menyikapi hal tersebut Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen menggelar talkshow UMKM dengan tema "Pemberdayaan Ekonomi Digital Ditengah Pandemi Covid-19" melalui workshop blog bersama pelaku usaha UMKM milenial Bireuen kerjasama dengan Komunitas Gerakan Penulis Bireuen (KGPB) yang berlokasi di Café 212 Bireuen awal september 2020.

Kegiatan ini diikuti 25 orang peserta terdiri dari generasi muda masyarakat Bireuen yang memiliki ketertarikan untuk menulis di blog atau website digagas Rizki Dasilva selaku Ketua Komunitas Gerakan Penulis Bireuen yang menginisiasi workshop cara mengelola blog.

Pada kesempatan tersebut, ketua pelaksana kegiatan Chairil Maulana, ST  mengatakan workshop yang dilaksanakan bertujuan untuk membahas tentang pemberdayaan ekonomi yang merupakan kesempatan sangat baik bagi masyarakat Bireuen agar bisa survive ditengah pandemi Covid–19 untuk mendapatkan penghasilan uang tambahan dari menulis di blog.

Kepada pimpinan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen, kami mengucapkan terima kasih yang telah menjadi sponsor utama sehingga acara pelatihan ini dapat terlaksana.

Sementara itu, M Hendra Supardi selaku Pimpinan PT. Bank Aceh Cabang Bireuen mengharapkan para pelaku UMKM Bireuen untuk mengubah mindset bisnis dari tradisional ke mindset digital di masa pandemi Covid-19.

Berbisnis/berusaha tidak harus lagi memiliki tempat, menyewa toko, memiliki lapak, kemudian harus punya stok barang.

Tetapi sekarang dengan memaksimalkan fasilitas digital (HP, Laptop dan internet) dengan mengelola blog kita bisa menghasilkan banyak uang, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, baik di level internasional maupun level nasional.

Bahkan di Bireuen sendiri sudah ada beberapa orang yang bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulan, sebagaimana sudah dialami oleh para pemateri.

Pada pertemuan itu, pimpinan Bank Aceh Syariah M Hendra Supardi sebagai bagian dari upaya-upaya menciptakan lapangan kerja baru bagi pengangguran, melatih masyarakat untuk membangkitkan ekonomi rakyat secara mandiri saat pandemi Covid-19. 

Workshop juga bagian dari mengedukasi masyarakat tentang orientasi ekonomi digital, manfaat serta cara kerjanya secara praktikal.

Pertemuan yang berlangsung selain pemaparan materi juga diskusi serta berbagai saran dari para peserta dengan tetap mengikuti protokol kesehatan

Turut hadir Ir Ibrahim Ahmad MSi selaku Asisten II mewakili Bupati Bireuen dalam pertemuan tersebut mengatakan, penerapan social dan physical distancing saat pandemi Covid-19 membatasi manusia melakukan aktivitas bersama bahkan untuk bekerja sehingga membuat ekonomi masyarakat mengalami penurunan. 

Transformasi digital bisa jadi adalah jawaban efektif untuk mengentaskan masyarakat dari krisis ekonomi yang terjadi selama ini.

Sementara Rizki Desilva ST selaku ketua KGPB Bireuen mengatakan, menulis itu mudah, kita hanya perlu memulainya  saja  karena menulis itu tinggal menceritakan saja apa–apa yang ada di pikiran kita.

Menulis sangat bermanfaat, bahkan menjadi ibadah (dakwah) dan tentunya bisa berpenghasilan untuk memenuhi segala kebutuhan, namun dibalik itu semua bekerjalah sesuai aturan yang berlaku.(*)

Penulis: Hendra