Dibawah Pimpinan Jek Hermanto, UMKM Binaan KADIN Dumai Naik Kelas

Senin, 28 September 2020

Dumai, PantauNews.co.id - Ketua Umum Kadin Indonesia dalam kajianya menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 sangat memukul pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dimana pada awal pandemi, 83% pelaku UMKM berpotensi gulung tikar.  Angka ini merupakan hasil survey dan kajian Kadin Indonesia yang di publish pada April 2020. Seiring waktu, disaat era New Normal, gairah bisnis mulai membaik sehingga hasil kajian Kadin Indonesia pada Juli 2020 masih terdapat 43% pelaku UMKM yang berpotensi gulung tikar (bangkrut).

Salah satu solusi cukup ampuh yang dilakukan Kadin Indonesia adalah mengajak pelaku UMKM untuk melakukan penjualan secara online, baik melalui medsos (FB, IG, WA, dan lain-lain) maupun melalui aplikasi, market place maupun e-commerse. Penjualan secara online terasa sangat ampuh bagi pelaku UMKM untuk dapat bertahan bahkan berkembang ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

Sehubungan hal tersebut, dalam rangka perayaan ulang tahun Kadin Indonesia ke-52 pada tanggal 24 September 2020, Kadin Indonesia bekerjasama dengan Indonetwork membagikan website gratis kepada pelaku UMKM Indonesia. Lebih dari 300 pelaku UMKM telah mendapatkan website gratis dan dipandu didalam penggunaan dan pengelolaannya oleh tim Indonetwork terang Eddy Ganefo.

Dalam memperingati HUT Kadin Ke-52, Ketua Umum Kadin Dumai Jek Hermanto, S.Sos memberikan apresiasi untuk pelaku UMKM naik kelas binaan Kadin Dumai dengan memasarkan produksi mereka di lokasi rest area Tol Pekanbaru-Dumai lokasi KM-82 sebagai oleh-oleh kas kerajinan dan makanan, minuman dari pelaku UMKM Dumai.

Hal ini dilakukan dalam upaya Kadin mendorong terjadi perputaran ekonomi disektor UMKM dengan belanjanya masyarakat yang melintas dapat mampir dan berbelanja di lokasi rest area tersebut dengan membeli produk lokal.

Tanggapan salah satu pelaku UKM binaan Kadin Dumai Produksi Khadizah Snack, sangat senang dengan dibukanya rest area, UKM kembali bangkit dari ketepurukan yang terdapak dari wabah Covid-19 .

"Alhamdulillah saya bisa memiliki peluang untuk memperkenalkan produk saya ke masyarakat luas, baik dari dalam kota maupun luar kota," ucapnya 

Tambahnya lagi berkat bergabung dengan UMKM Kadin naik kelas, kedepan bisa menambah jumlah produksi dan kemungkinan juga dapat menambah pendapatan, semoga dengan di bukanya rest area ini, seluruh UMKM yang tergabung bisa membawa kesuksesan dan berkembang maju.

Satu lagi pelaku usaha, Sri Novita dengan merek dagang Rezkia menyebutkan dengan dibukanya rest area tol Pekanbaru-Dumai di Kilometer 82 untuk Kadin Dumai, banyak peluang tentunya bisa menjadi investasi bagi kita semua melebarkan sayap UMKM naik kelas. 

"Semoga UMKM Kadin naik kelas dibawah binaan Ketua Kadin Dumai Bapak Jek Hermanto, S.Sos lebih bisa membina kami sampai bernilai export, bersaing agar produk UKM Dumai maju dan sukses," Ucap Sri Novita.

Ucapan terimakasih juga disampaikan para anggota UMKM naik kelas Kadin Dumai kepada Ibu Yohana Kusuma Ningrum yang memberikan mereka kesempatan bergabung di UMKM Kadin serta memberikan motivasi dan bimbingan untuk lebih baik memajukan usaha mereka.

Kadis Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Dumai Sepranef Syamsir, Ap.M.Si Cukup bangga dengan apa yang sudah dicapai Kadin Dumai dibawah pimpinan Jek Hermanto, S.Sos.

"Dengan memajukan pelaku UKM kota Dumai semoga Kadin dapat bersinergi dengan dinas terkait untuk memajukan UKM," ucap Sepranef Syamsir, Ap.M.Si

Sepranef menambahkan semoga ekonomi bisa bangkit, khususnya dari pelaku UMKM Kota Dumai akibat dari dampak Covid-19 ini dan  dapat meningkatkan kualitas untuk bersaing ke pasar ekspor nantinya agar Dumai lebih di kenal dan punya ciri khas khusus sebagai oleh-oleh Dumai dari tangan pelaku UMKM Dumai. 

Ketua KADIN Dumai  menyebutkan stand UMKM kedatangan tamu istimewa yaitu Walikota Dumai, Bapak Zulkifli AS bersama Istri , menurut Jak Walikota senang dan mengapresiasi usaha KADIN

Menurut Ketua KADIN perrbincang hampir 1 jam. Banyak hal di bicarakan terutama terkait UMKM yang ada di Kota Dumai, dengan kedatangan Pak Walikota semoga ke depannya Kadin lebih baik. Pada kesempatan itu juga saya sampaikan bahwa dalam waktu dekat melaksanakan Raker (Rapat Kerja) Kota.

Sebelumnya segenap Penggurus berharap dapat melakukan audensi dengan Pak Wali. Ketika saya utarakan Alhamdulillah beliau berkenan, waktunya akan diberitahukan kelak". ungkap Jek bersemangat.

Sebagaimana diketahui, Kadin Pimpinan Jek Hermanto mendapat kepercayaan mengelola sebuah Stand di Rest Area Tol Dumai-Pekan Baru. Adapun Stand tersebut sebagai tempat memasarkan aneka produk rumahan dan diprioritaskan untuk UMKM binaan Kadin Kota Dumai. 

Informasi yang terangkum, sementara ini hanya Kadin Pimpinan Jek Hermanto memperoleh Stand yang berada di Rest Area Tol, tentunya sebuah pencapaian istimewa. 

Meski baru dikukuhkan sebuah prestasi yang sangat layak di apresiasi kepada segenap Pengurus Kadin Pimpinan Jek Hermanto.

Ketua Kadin Dumai mengatakan, dalam waktu dekat  pihaknya akan mengundang para tokoh masyarakat, beberapa stakeholder terkait, dan pelaku usaha UMKM untuk mengutarakan rencana Rapat Keraja Kota Kadin Ke I tahun 2020, Untuk itu tujuan dari menghadirkan stakeholder, Pengusaha, Pemerintah dan pelaku UMKM supaya kami dapat masukan-masukan terkait program kerja di dalam Diskoperindag Kota Dumai,” kata Jek Hermanto. 

Menurut Jak Hermanto Program kerja Kadin Dumai di tahun 2021 diantaranya, program pembinaan UKM, Koperasi, Pengembangan Usaha Mikro, Program Pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal, dan pengembangan Kinerja Pelayanan Pasar. kemudian ditambah program bina perdagangan, pengembangan industri, pembinaan lingkungan sosial di bidang usaha mikro, pembinaan industri, dan pelayanan sekretariat. (*)