Jokowi Bakal Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Jumat Besok

Kamis, 24 September 2020

Jakarta, PantauNews.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau pada Jumat (25/9). Peresmian tersebut akan dilakukan secara virtual dari Istana Negara mengingat Riau tengah mengalami tren lonjakan kasus covid-19.
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan keputusan peresmian virtual tersebut dipastikan dalam rapat antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama bersama Tim Kepresidenan dan Kementerian PUPR melalui virtual. Sebelumnya, kepala negara dijadwalkan menghadiri peresmian pekan lalu, namun dibatalkan.

"Peresmiannya, Insya Allah besok akan dilakukan secara virtual pukul 14.00 di Dumai. Undangannya terbatas, hanya untuk 50 orang. Nanti Bapak Presiden meresmikan dari Istana Negara, sore ini Menteri PUPR, Insya Allah hadir ke Riau," katanya dikutip dari Antara, Kamis (24/9/2020).

 Kendati tidak dihadiri langsung oleh Jokowi, ia menuturkan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono akan hadir langsung di lokasi. Ia menjelaskan peresmian virtual proyek strategis nasional itu akan dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau Chairul Riski menambahkan alasan peresmian dilakukan virtual karena kondisi pandemi, sehingga menghindari kerumunan orang. Peresmian tol secara virtual ini diharapkan menjadi percontohan untuk peresmian tujuh jalan tol selanjutnya di daerah lain.

"Ini menjadi percontohan, mungkin karena lebih menghemat waktu, hemat biaya. Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai ini salah satu contohnya," ucapnya.

Guna menghindari kendala teknis, Pemprov Riau juga mengundang pihak PT PLN (Persero) dan PT Telkom (Persero).

"Jangan ada mati listrik, putusnya jaringan internet, karena besok itu yang membawa acaranya bukan dari Dumai, tapi dari Istana Negara artinya protokolnya di sana," katanya.

Sebagai informasi, Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki panjang 131 kilometer ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera. Infrastruktur ini dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera dan terbagi dalam enam seksi yang melintasi empat kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Tol ini punya keunikan karena pertama kalinya menyediakan terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera. ***