Pasar Tradisional Rakyat

Kamis, 03 September 2020

Jakarta, PantauNews.co.id - Pakan adalah pasar tradisional harian yang bergulir mengikuti nama hari.Ada pakan Sinayan, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Pakan merupakan pusat ekonomi rakyat ,  penuh dengan muatan lokal. Beragam yang di jual di sana, hasil bumi, hasil kebun, barang industri, tekstil dan yang menarik adalah kuliner asli daerah setempat.

Bila saja pakan dipoles sedikit, ada  kemungkinan menjadi objek wisata kuliner yang menarik perhatian wisatawan terutama penggemar kuliner tradisional.

Hal mendasar yang perlu diperbaiki adalah kebersihan, area parkir dan keteraturan. Kalau hal mendasar ini medapat perhatian dari pengelola , bukan mustahil dalam waktu tidak terlalu lama pakan akan menjadi tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, antar daerah, bahkan dari luar negeri.

Pasar apung di Banjarmasin awalnya hanya pasar tradisional, kemudian berkembang menjadi objek wisata dan menjadi icon daerah. Bahkan pengusaha pariwisata  membuat replika pasar apung di sentul Jakarta untuk dijadikan objek wisata baru.

Di Bandung banyak muncul objek wisata baru yang menjual keunikan pasar tradisional dipadu dengan keindahan taman buatan.

Sementara daerah kita Sumatera Barat telah tersedia semuanya, mulai dari pakan yang bergulir tiap hari, keragaman kuliner, bahkan dengan harga yang sangat terjangkau, serta keindahan alam mempesona.
Tinggal kemauan pemerintah  dan kesadaran kita bersama untuk memoles anugrah dari yang maha kuasa tersebut.(***)

Penulis: Tony Herman