Resmi Berlayar di Pilkada Dumai, AHY Serahkan SK DPP Demokrat Eko Suharjo - Syarifah

Selasa, 01 September 2020

Dumai, PantauNews.co.id – Surat Keputusan (SK) DPP Demokrat resmi usung Eko Suharjo – Syarifah maju di Pilkada Dumai 2020. Penyerahan SK yang langsung diserahkan oleh Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Sekretaris DPD Demokrat Riau, Eddy A Mohd Yatim, Senin (31/8/2020) sore tadi, di Jakarta.

Dukungan SK DPP Demokrat yang diserahkan kepada pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai 2021 -2026 Eko Suharjo – Syarifah ini merupakan calon ketiga yang dipastikan akan mendaftar di KPU Dumai.

Tiga pasangan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) di Pilkada yang dipastikan maju, yakni Edi Sepen – Zainal Abidin (PKS – PAN), Paisal– Amris (Golkar, PPP dan NasDem) dan Eko Suharjo – Syarifah (Hanura – Demokrat). Hanya tinggal dua partai politik, PDIP dan Gerindra yang sampai saat ini belum jelas informasi arah peta politik di Pilkada Dumai 2020.

Seperti dilansir Riaucrime.com, dengan SK dukungan Demokrat itu memastikan berlayarnya pasangan Eko Suharjo-Syarifah yang sebelumnya telah mengantongi SK dukungan dari Partai Hanura. Koalisi Demokrat-Hanura yang masing-masingnya memiliki 5 dan 1 kursi di DPRD Dumai telah memenuhi syarat minimal 6 kursi untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Dumai 2020.

”SK dukungan Demokrat diserahkan langsung oleh Ketua Umum AHY tadi sore. Eko Suharjo dan Syarifah,” ujar Sekretaris DPD Demokrat Riau, Eddy A Mohd Yatim, Senin (31/8/2020).

Selain Syarifah, Demokrat juga telah memberikan dukungan lima bakal calon (balon) perempuan yang ada pada kabupaten/kota di Riau seperti Kasmani (Bengkalis), Supriati (Indragiri Hulu), Reni Nurita (Siak) dan  Komprensi (Kuansing). Nampaknya, bakal calon yang diusung Demokrat ini memberikan kepercayaan serta peluang kepada kaum perempuan di dunia politik.

Bapaslon yang berasal dari sama-sama dilahirkan di Kota Dumai, juga sama dibesarkan partai politik. Syarifah yang dua kali terpilih sebagai Anggota DPRD Dumai, dinilai mampu meraup perolehan suara pada Pilkada Dumai 2020. Sebagai petahana dan partai pemenang Pemilu Legislatif 2019, Eko Suharjo – Syarifah juga merupakan lawan yang cukup berat bagi calon penantang di Pilwako Dumai yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Walaupun Syarifah tidak maju dengan mesin partai politik yang telah mengantarkan dirinya dua kali berturut-turut, tampaknya ia optimis dapat memenangkan kontestasi politik yang digelar sekali lima tahun tersebut.***