Sara soal Kicauan Paha: Jika Ibu Anda Dilecehkan, Apakah Tenang Saja?

Senin, 07 September 2020

Jakarta, PantauNews.co.id - Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Wawali Tangsel), Rahayu Saraswati (Sara), geram dengan cuitan 'paha' yang dilepas elite Partai Demokrat (PD) Cipta Panca Laksana. Bagi Sara cuit itu jelas pelecehan.

"Pelecehan seksual dalam bentuk verbal melalui tulisan yang diunggah di medsos tetap sebuah pelecehan. Jika ibu Anda yang dibicarakan bagian tubuhnya, apakah Anda akan merasa tenang-tenang saja? Kalau iya, selesai pembicaraan, bisa stop di sini karena nggak akan nyambung kita," kata Sara kepada wartawan, Senin (7/9/2020).

Sara mengakui awalnya dia menganggap cuitan itu merupakan hal sepele. Namun Sara tersentak saat membaca tulisan kawannya yang intinya menyatakan, jika pelecehan itu dianggap biasa, akan mempertahankan 'normalisasi' pelecehan terhadap perempuan.

"Pernyataannya (teman Sara) menghentak saya, karena reaksi saya yang menganggap cuitan di Twitter itu sebagai hal sepele dan biasa-biasa saja adalah CONTOH NYATA bagaimana kita telah terprogram untuk menerima objektifikasi dan pelecehan seksual verbal sebagai hal biasa dan BAHKAN sebagai 'pujian'," tulis ponakan Ketum Gerindra Prabowo Subianto ini.

Hingga kini Sara masih mempertimbangkan soal kemungkinan melaporkan tweet tersebut ke polisi. Dia mendapat dukungan dari aktivis-aktivis perempuan untuk melaporkan cuitan tersebut.

"Ada juga yang menanyakan komitmen saya untuk mendukung para korban dan penyintas jika saya saja sebagai figur yang selama ini memperjuangkan nasib mereka tidak memberikan contoh dan mengambil sikap," ujar Sara.

Sebelumnya, Panca mengatakan cuitannya itu tak ditujukan ke pihak tertentu. Namun memang Sara adalah satu-satunya calon wawali Tangsel perempuan di Pilkada Tangsel 2020. Panca akhirnya menghapus cuitan itu dan menyatakan permintaan maaf.

"Sehubungan twit pribadi saya mengenai paha mulus Cawalkot Tangsel sudah terlanjur viral, dengan ini saya mendelete twit tersebut. Mohon maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung dengan twit tersebut. Memang gaya saya di twitter seperti itu. Sekali lagi mohon maaf," kicau Cipta Panca Laksana melalui akun Twitter @panca66, Senin (7/9/2020).

Cuitan Panca yang dipermasalahkan berbunyi: "Paha calon wakil walikota Tangsel itu mulus banget." ***