Jokowi Resmikan Jembatan Teluk Kendari, Selain Memperindah juga Mempermudah Mobilitas Kendaraan

Kamis, 22 Oktober 2020

Jakarta, PantauNews.co.id - Presiden Joko Widdo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari pada Kamis (22/10/2020). Jokowi mengatakan jembatan tersebut dapat mempercantik lanskap Kota Kendari.

Peresmian Jembatan ini dikutip dari akun Presiden Joko Widodo dengan like 48.117, komentar 3.448 dan sudah dibagikan sebanyak 1.481 kali.

Sebuah jembatan sepanjang 1,34 kilometer kini terentang di atas Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara dan menjadi ikon baru Kota Kendari. Jembatan yang diresmikan Presiden ini menghubungkan kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan Pulau Bungkutoko dan Kecamatan Poasia di kota itu. 

Jembatan Teluk Kendari ini dibangun sejak tahun 2015, Jembatan  tersebut memangkas waktu tempuh perjalanan dari Kota Lama ke Poasia dan sebaliknya dari 30-40 menit dengan kapal feri menjadi hanya kurang dari lima menit saja. 

Jembatan Teluk Kendari juga akan terhubung dengan jalan nasional dan jalan lingkar luar Kota Kendari sepanjang 40 kilometer yang menghubungkan kota itu dengan Kabupaten Konawe. Ini akan mempermudah mobilitas kendaraan logistik dari kawasan pelabuhan baru di Pulau Bungkutoko yang menjadi bagian pengembangan Kota Kendari.

Selain dapat mengintegrasikan kawasan-kawasan pertanian dan industri yang ada di wilayah setempat, Jembatan Teluk Kendari juga menarik dari sisi arsitekturnya dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kendari. ***