SMAN 1 Samalanga Bireuen Gelar MGMP 2020

Sabtu, 17 Oktober 2020

BIREUEN, PANTAUNEWS.CO.ID - SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) 2020. 
Kegiatan tersebut diikuti seluruh guru SMAN 1 Samalanga Bireuen.

Kegiatan MGMP membahas beberapa main issue sesuai dengan tahapan program yang dimiliki sebagai program lanjutan (Sustainable Program) dari kegiatan sebelumnya sebagaimana yang tertuang dalam program kerja MGMP Guru SMA Negeri 1 Samalanga Tahun Pelajaran 2020/2021.

Eksistensi MGMP sebagai forum ilmiah yang sangat dibutuhkan oleh guru dalam rangka peningkatan improvisasi pembelajaran yang memfasilitasi kebutuhan guru untuk menjawab tantangan. Dinamisasi ilmu pengetahuan begitu cepat berubah seiring dengan perkembangan zaman serta melakukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inspiratif untuk masa Covid-19.

Kegiatan MGMP dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Samalanga Kabupaten Bireuen  Kidar, S.Pd. Kepada pantaunews.co.id, Jum'at (16/10/2020) Kepsek SMAN 1 Samalanga mengatakan kegiatanMGMP sudah dilakukan oleh pihaknya sejak awal Oktober 2020 namun dia sangat mengharapkan kepada setiap guru agar mampu mengembangkan konsep profesionalismenya. 

Kunci utamanya adalah sangat terletak pada seberapa jauh guru mampu memahami kompetensi yang melekat pada dirinya. Upaya ini tidak mudah dicapai apabila tidak diimbangi dengan pematangan konsep dan proses pengalaman. 

Selain dari pada itu guru profesionalisme harus bisa menciptakan (kompetensi inti dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan oleh kalender pendidikan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum dapat dicapai oleh siswa. 

Jangan sampai materi pelajaran atau jumlah kompetensi dasar yang harus dicapai terlalu banyak tidak sesuai dengan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam kurikulum, sehingga pada akhir pembelajaran menjelang ujian akhir semester guru tidak dapat menyampaikan materi pada siswa sesuai target sehingga mengabaikan kualitas pembelajaran.(*)

Penulis: Hendra