Jalan Menuju Sukses

Senin, 09 November 2020

PANTAUNEWS.CO.ID - Aku duduk  melihat sungai yang membelah desa kami. Udara sejuk, pemandangan yang indah melarutkan lamunan . 

Seorang sahabat bertanya dan memutuskan pikiranku yang tengah melayang. 

“ Dapatkah kau menunjukan jalan menuju kesuksesan ? “ katanya.

“ Ke sana ,” kataku sambil menunjuk .

”Bukankah itu jalan buntu yang berakhir di tepi sungai ," Dia bertanya

Tidak, Jawabku ,itu tidak buntu. "kesuksesan membentang luas disana. “ Bagaimana bisa ? Tanyanya lagi.

“Begini kataku , Ketika kita berada di tepi sungai, secara reflek akal pikiran  akan berfungsi  untuk mengatasi persoalan di depan mata. 

Banyak alternatif dan solusinya, seperti membuat rakit, berenang menyeberangi, membuat jembatan, mengarungi sungai ke hulu atau hilir , bisa juga berfikir memanfaatkan sumber daya alam sungai itu untuk kegiatan perekonomian.

Ini adalah langkah awal dari kesuksesan yaitu berfikir ide.

Ketika memutuskan pilihan dari sekian banyak alternatif , apakah kesuksesan langsung didapat ? Tidak, tantangan dan rintangan  akan silih berganti manghampiri dan kita senatiasa berlatih berfikir mencari solusi secara terus menerus.

 Bisa saja solusi yang menjadi pilihan itu merupakan suatu kesalahan, tapi kesalahan yang berguna sebagai pelajaran.

Berlian pada awalnya adalah sebuah batu, yang senantiasa digosok dan dibentuk, akhirnya menjadi batu permata yang bernilai tinggi. Begitu juga  dengan kita manusia.Kegagalan dan cobaan merupakan ujian menuju kesuksesan yang lebih besar.

Orang orang hebat pada dasarnya berfikir dari dua konsep utama yaitu kesulitan sebagai sebab dan kemudahan sebagai akibat.

Ditulis oleh: Tony Herman