Air Terjun Batang Koban, Surga Tersembunyi di Negeri Seribu Jalur

Senin, 21 Desember 2020

TELUKKUANTAN, PANTAUNEWS.CO.ID - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kaya akan destinasi wisata alam. Salah satunya objek wisata air terjun yang mempesona. Negeri jalur itu terdapat 32 objek wisata Air Terjun. Salah satunya, Air Terjun Batang Koban di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan.

Objek wisata Air Terjun Batang Koban ini merupakan air terjun tujuh tingkat. Posisi air terjun ini di perbukitan persis di tepi Sungai Batang Kuantan.

Memang, jika dilihat sepintas dari tepi Sungai Kuantan, objek air terjun ini tidak terlihat. Hanya suara air mengalir gemericik yang memanjakan telinga.

Hal ini disebabkan oleh tingkatan air terjun tertutup rerimbunan pohon dan bebatuan. Selain itu, di tepi Sungai Kuantan sebagai pintu masuk objek wisata ini berdiri dermaga yang megah.

Ini pengalaman pertama kali saat bersama teman-teman Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuansing mengeksplore objek wisata Air Terjun Batang Koban, Hulu Kuantan, Sabtu (19/12/2020) lalu.

Sebelum menikmati panorama air terjun, pengunjung bisa melepas lelah sejenak di dermaga. Karena di antara dermaga kanan dan kiri dibangun bangunan beratap cukup luas untuk istirahat.

Kebetulan saat itu bukan hanya rombongan PWI Kuansing saja, namun ada sejumlah komunitas pecinta alam dan rombongan lainnya yang hendak menikmati pesona Air Terjun Batang Koban.

"Kalau libur akhir pekan ramai. Tidak hanya pengunjung lokal, tapi juga dari luar. Bisa 200-an pengunjung perhari," kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Kuansing, Nasjuneri kepada awak media.

Untuk mengeksplor Air Terjun Batang Koban, pengunjung harus berjalan kaki menapaki tangga cor semen yang sudah dibuat.

Di perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pesona asrinya pepohonan yang membuat sensasi tersendiri.

"Untuk naik ke atas aksesnya cukup mudah. Sudah ada tangga," ungkap Nasjuneri.

Namun tangga yang dibuat hanya sampai air terjun tingkat keenam. Untuk naik ke tingkat ketujuh, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan dengan kemiringan 70 derajat. Cukup menguras tenaga dan menguji adrenalin.

Setelah menempuh perjalanan selama 15 menit, pengunjung akan menemukan surga yang tersembunyi di tengah hutan, yakni Air Terjun Batang Koban tingkat ketujuh yang tingginya sekira 15 meter.

"Memang spot air terjun paling bagus tingkat ketujuh. Tapi aksesnya sulit. Tapi puas saat sampai ke atas sana. Bagus banget," katanya.

Lokasi Air Terjun Batang Koban juga mudah diakses. Jika dari Kota Telukkuatan pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor ke Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Perjalanan ditempuh sekitar 45 menit.

Sesampainya di Desa Lubuk Ambacang, pengunjung bisa langsung turun ke Sungai Batang Kuantan. Di sana sudah standby beberapa boat yang akan mengantar ke lokasi air terjun.

"Dari Desa Lubuk Ambacang ke Air Terjun Batang Koban sekira 15-20 menit," katanya.

Air Terjun Batang Koban memiliki air yang jernih. Bisa untuk mandi. Tentu ini membuat pengunjung sangat ingin mengunjunginya. Pemandangannya yang masih asri memberikan suasana rilex dan santai.

Selain itu, di kawasan Batang Koban juga banyak ditemukan gazebo tempat istirahat, musala dan fasilitas lainnya termasuk toilet.

Namun kondisinya kurang terurus. Meskipun begitu, objek wisata ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kuansing.

"Kita berharap ke depan destinasi ini menjadi perhatian, karena objek wisata Air Terjun Batang Koban ini cukup menarik wisatawan datang ke Kuansing," cakap Nasjuneri.***