1.600 Vaksin Covid-19 Tiba di Labuan Bajo

Ahad, 31 Januari 2021

MANGGARAI BARAT, PANTAUNEwS.CO.ID - 1.600 vial/dosis Sinovac, Vaksin Covid-19 telah tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Minggu (31/01/2021) sekitar Pukul 12:15 WITA.

Demikian rilis resmi yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, melalui halaman resmi Kominfo Mabar.

Setelah Vaksin Covid-19 tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, kemudian langsung dikawal puluhan personil TNI-Polri ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat.

Plh. Sekda Manggarai Barat Ismail Surdi dalam keterangannya mengatakan bahwa hari ini adalah pendropingan pertama Vaksin Covid-19, Sinovac untuk Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 1.600 vial/dosis yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan

"Peruntukan pada tahap pertama ini di prioritaskan untuk tenaga kesehatan yaitu sebanyak 1.575 vial untuk tenaga kesehatan (Nakes), baik untuk nakes pemerintah maupun swasta, sementara 10 vial untuk sasaran esential pejabat Forkompimda Mabar, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta 15 vial untuk sasaran target," ungkap Sekda Ismail.

Ismail Surdi berharap dengan adanya vaksin Sinovac ini dapat mencegah penyebaran Pandemi Covid-19 semakin meluas di Mabar.

"Seperti yang kita ketahui, saat ini penambahan kasus positif Covid-19 di daerah ini semakin banyak. Sehingga dengan kehadiran vaksin Sinovac bisa mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas," ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa kasus positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat hingga 30 Januari 2021 berjumlah 364 kasus, 171 masih diisolasi, 184 sudah dinyatakan sembuh dan 9 meninggal.

Sekda Ismail Surdi menghimbau agar masyarakat Mabar jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M. 

”walaupun vaksin sudah ada, protokol kesehatan 3M harus tetap diterapkan dengan menggunakan masker tutup hidung dan mulut  (bukan di dagu), selalu mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1,5 m dengan org lain," pungkas Sekda Ismail.  (Kominfo Mabar/Richard Bon)