Bupati dan Forkompimda Kabupaten Bekasi Siap Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama

Kamis, 28 Januari 2021

BEKASI, PANTAUNEWS.CO.ID - Bupati Eka Supria Atmaja menjadi orang yang pertama disuntik vaksin Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Kamis (28/1/2021). Penyuntikan vaksin Covid-19 ini untuk sebagai langkah awal proses vaksinasi di Kabupaten Bekasi.

Bupati disuntik vaksin Covid-19 bersama dengan unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti di Cikarang mengatakan bahwa Bupati Bekasi disuntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Cikarang Utara.
Setelah bupati dan unsur Forkopimda maka akan dilanjutkan vaksinasi kepada seluruh tenaga medis di sejumlah fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk sebelumnya.

"Beliau (bupati, red.) siap, dari awal beliau sudah menyatakan siap divaksin. Bupati Bekasi akan divaksin bersama unsur forkopimda. Yang kita daftarkan 10 orang, kita lihat kondisinya besok memungkinkan atau tidak karena besok ada tim dokter penanggung jawab vaksinator di puskesmas," kata Sry Enny Maniarti, Rabu (27/1/2021) kemarin.

Pihaknya telah menerima sebanyak 12 ribu dosis vaksin Covid-19 dari Biofarma Bandung.  Belasan ribu dosis vaksin itu telah sudah berada di UPTD Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Bekasi di Jalan Stasiun, Nomor 1, Desa Mekarsari, Tambun Selatan.

"Alhamdulillah vaksin dari pusat yang didistribusikan provinsi untuk Kabupaten Bekasi sudah kami terima dalam kondisi baik, kemasannya baik, kontrol suhunya juga baik, jumlahnya 12.000 dosis," ujarnya.

Data kebutuhan dosis vaksin masing-masing fasilitas kesehatan telah dikantongi UPTD Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Bekasi. Selanjutnya, belasan ribu dosis vaksin yang diterima Pemkab Bekasi itu akan didistribusikan.

"Teknisnya, kawan-kawan puskesmas dan rumah sakit terdekat bisa mengambil di sini, kita sudah siap stand by," ucap Sri Enny.

Dia menambahkan, saat ini terdapat sebanyak 10.450 tenaga kesehatan yang sudah terverifikasi dan berhak menerima vaksinasi tahap pertama.

"Setelah kami lakukan verifikasi data yang akan menerima vaksin itu ada 10.450 tenaga medis. Jadi vaksin yang dikirim untuk Kabupaten Bekasi totalnya ada 20.900 dosis karena satu orang mendapat dua kali suntik vaksin," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, tidak ada tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi yang menolak disuntik vaksin Covid-19.(*)

Penulis: Dimas