Petani Bahagia, Jitut di Desa Air Lesing Sangat Bermanfaat

Selasa, 05 Januari 2021

MUSIRAWAS, PANTAUNEWS.CO.ID - Bupati Musi Rawas (Mura) meninjau secara langsung Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti, Selasa (5/1/2020).

Pembangunan dilakukan menggunakan dana APBD Pemkab Mura tahun 2020. Hadir mendampingi, Kadis Pertanian Zuhri Syahwal, Plt Camat Muara Beliti Dicky Zulkarnain, Kepala Desa dan para petani Desa Air Lesing.

Dikesempatan ini, Bupati H Hendra Gunawan berharap, Jitut ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat khususnya untuk memberikan akses pengairan ke sawah milik petani. Peran aktif masyarakat sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan pembangunan yang ada.

Kepada Bupati, petani Ngadino menyampaikan apresiasi dari para petani dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati atas program pemerintah dalam membangun jaringan irigasi,
hal ini sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi warga untuk melancarkan pengairan sawah, sehingga aliran air menjadi meningkat.

"Saluran irigasi ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil panen dan para petani tidak lagi kesulitan untuk menggarap sawah akibat kekurangan air. Jika selama ini kami hanya bisa panen padi 2 kali dalam setahun, namun sekarang kami bisa panen 3 kali bahkan ada yang 4 kali dalam setahun tergantung varietas  yang digunakan petani tersebut," ucap Ngadino.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Zuhri Syahwal melaporkan, selama tahun 2020 ini, pembangunan Jitut dibangun menggunakan APBD berada di 11 lokasi, dan Jitut yang dibangun menggunakan APBN berada di 10 lokasi. ***

Penulis : Darly