Presiden Jokowi Menerima Suntikan Vaksin Covid- 19 Pertama

Rabu, 13 Januari 2021

JAKARTA, PANTAUNEWS.CO.ID - Presiden Jokowi dalam acara vaksinasi perdana Covid-19 , yang dilakukan penyuntikan langsung oleh Wakil Ketua Dokter Kerpesidenan dr Abdul Muthalib  di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Dalam acara tersebut Persiden menyebutkan Vaksin Covid-19 inilah yang lama kita tunggu-tunggu dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan Majelis Ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan. 

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pada pukul 9.42 wib pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19," ucap Jokowi 

Abdul Muthalib mengatakan, proses penyuntikkan vaksin Covid-19 ke Jokowi berjalan lancar dan tanpa rasa sakit.

"Alhamdulillah saya berhasil menyuntik Bapak Presiden tanpa rasa sakit," kata Abdul Muthalib usai proses penyuntikan.

Ia mengatakan dalam proses penyuntikan terhadap Presiden Jokowi juga tak ada pendarahan di bekas suntikan.

Saat ini tim dokter tengah memantau Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) yang biasanya terjadi selang 30 menit vaksin disuntikkan.

Namun, tim dokter optimistis proses vaksinasi berjalan lancar.

Sebelum dilakukan penyuntikan, tim dokter telah memeriksa tekanan darah dan suhu tubuh Jokowi.

Tekanan darah Jokowi dalam keadaan normal yakni 130/67 mm Hg. Suhu tubuh Presiden juga normal yakni 36,3 derajat Celcius.

Dikutip dari Kompas.com, Selain Presiden Jokowi, pejabat lain yang ikut divaksinasi Covid-19 secara perdana yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis. ***