Rapat dengan Gubernur, Jokowi Singgung Lockdown di Berbagai Negara

Rabu, 06 Januari 2021

JAKARTA, PANTAUNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan para gubernur terkait penanganan pandemi COVID-19. Jokowi mengungkap ada tiga permasalahan utama yang perlu ditangani.

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang penting terutama dalam rangka kegiatan-kegiatan kita tahun 2021 ini. Pertama, strategi kita dalam menangani pandemi ini tetap sama, yaitu, pertama, urusan penanganan kesehatan; kedua, masalah perlindungan sosial; ketiga, berkaitan dengan masalah pemulihan ekonomi," kata Jokowi dalam ratas yang disiarkan virtual di akun YouTube Satpres, Rabu (6/1).

"Dan kunci bagi pemulihan ekonomi kuncinya adalah bagaimana kita bisa berusaha keras, bekerja keras dalam rangka bisa menghentikan dan mengendalikan COVID," ujarnya.

"Kita tahu dua hari lalu, tiga hari lalu Bangkok lockdown, Tokyo dinyatakan dalam keadaan darurat, London juga lockdown, kemudian juga di seluruh Inggris di-lockdown karena penyebaran COVID yang sangat eksponensial," lanjut Jokowi.

Untuk itu, dia meminta seluruh elemen, terutama kepala daerah, terus bekerja keras, terutama pengawasan disiplin protokol kesehatan. Jokowi menyebut saat ini tingkat disiplin protokol kesehatan terlihat rendah.

"Oleh sebab itu kita betul-betul harus kerja keras, kerja mati matian agar 3T, 3M itu betul-betul bisa kita lakukan di lapangan, sekali lagi di lapangan, karena dari survei yang kita lakukan sekarang ini motivasi disiplin terhadap prokes masyarakat itu berkurang, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak ini berkurang. Oleh sebab itu, saya minta para gubernur agar menggencarkan kembali masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan prokes," tuturnya. ***