Tetap Patuhi Prokes, Pemdes Wanakerta Gelar Musrenbang Tahun 2021

Rabu, 27 Januari 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 Desa Wanakerta, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang digelar di Aula Kantor Desa Wanakerta pada Selasa (26/01/2021) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah.  

Acara Musrenbang yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka oleh Sekretaris Camat Sindang Jaya Irwan Budiansyah, yang dihadiri pula oleh kepala desa beserta staf, Binamas, Babinsa, Satpol PP, para ketua RW, RT, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. 

Dalam inti sambutannya, Sekretaris Camat Sindang Jaya Irwan Budiansyah mengatakan bahwa selain memprioritaskan pembangunan yang berasal dari usulan warga, penanganan Covid-19 juga harus tetap menjadi prioritas, karena untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Kepala Desa Wanakerta H Suryana saat dijumpai usai acara menjelaskan bahwa pengadaan kegiatan musrenbang tahun 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimasa pandemi dan juga dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kemudian terkait musrenbang yang menjadi prioritas utama, yaitu pembangunan insfrastruktur.

Karena memang banyak usulan yang diajukan oleh masyarakat karena banyaknya ruas jalan, khususnya jalan penghubung antar kampung yang perlu diperbaiki dan juga perbaikan saluran air yang juga diusulkan oleh warga.

"Dari anggaran yang dialokasikan untuk Desa Wanakerta yakni sebesar Rp2,9 milyar, selain dialokasikan untuk pembangunan insfraktuktur, kami menganggarkan pula untuk penanganan masalah Covid-19 antara 25 sampai 30 persen. Sementara untuk bidang pemberdayaan masyarakat, kami belum memprioritaskan karena kondisi saat ini masih masa  pandemi yang mengakibatkan kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat dibatasi" tambah H Suryana.

"Terlebih dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang saat ini masih diberlakukan, kemudian untuk penanganan masalah Covid-19, saat ini kami masih terus mengadakan penyuluhan tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, selain itu kami juga masih melakukan penyemprotan disinfektan, khususnya di wilayah perumahan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19" tutup H Suryana. (*)

Penulis: M Soleh